Hangus Terbakar, Kantor KPUD Jayapura Dipindahkan Pemkab dengan Penambahan Keamanan
Pj Bupati Jayapura, Provinsi Papua, Triwarno Purnomo (FOTO ANTARA/Yudhi Efendi)

Bagikan:

JAYAPURA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, telah menyediakan kantor baru untuk Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Jayapura yang mengalami kebakaran pada Kamis 17 Agustus 2023.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo mengatakan, telah melakukan koordinasi dengan pihak KPUD untuk memindahkan kantornya.

“Sudah kami koordinasikan untuk menyediakan tempat baru sehi KPUD bisa kembali bekerja,” katanya di Sentani, Kamis 31 Agustus, disitat Antara.

Menurutnya, kantor baru untuk penyelenggara pemilu pada daerah setempat itu ada beberapa tempat namun pemerintah masih terus melakukan pembicaraan dengan mereka.

“Ada beberapa alternatif dan belum kita putuskan, nanti kita lihat mana yang lebih tepat untuk mereka berkantor dan melaksanakan tugas kenegaraan dalam pemilihan umum (Pemilu),” ujarnya.

Pj bupati menjelaskan selain kantor yang terbakar, sarana kerja dari KPUD Kabupaten Jayapura harus mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah (Pemda) setempat.

“Sarana kerja mereka kita juga harus perhatikan sehingga dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai lembaga penyelenggara Pemilu dapat bekerja dengan baik,” katanya.

Ia menambahkan, dengan terbakarnya empat kantor Kantor Kearsipan, KPUD, Dinas Kominfo dan Radio maka akan menjadi evaluasi dari Pemkab Jayapura dalam memberikan keamanan dan kenyamanan di area kantor bupati.

“Saya sudah perintahkan untuk perketat keamanan belakang kantor bupati supaya kejadian serupa jangan sampai terjadi kembali,” ujar Triwarno.