Waspada Pesan WA dari Penipu Catut Nama Bupati Bangkalan
ILUSTRASI UNSPLASH

Bagikan:

BANGKALAN  - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemkab Bangkalan, Jawa Timur meluruskan banyaknya pesan yang diterima warga denagn mencatut Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bangkalan Mohni lewat WhatsApp.

"Itu tidak benar dan nomor telepon seluler yang digunakan bukan nomor telepon Plt Bupati Bangkalan. Harap selalu waspada," kata Kepala Diskominfo Bangkalan Agus Sugianto Zein dilansir ANTARA, Senin, 13 Maret.

Sebelumnya, beredar luas di kalangan masyarakat Bangkalan aktif mengirim pesan kepada warga di wilayah itu.

Akun WA dengan nomor telepon +6285646437697 menggunakan foto Plt Bupati Bangkalan dan diberi nama Drs. H. Mohni, MM.

Akun ini aktif berkomunikasi dan mengirim pesan kepada warga, seperti meminta pendapat tentang perkembangan pembangunan di Kabupaten Bangkalan, dan ada juga ditawari hendak diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Bangkalan.

"Karena itu, kami tegaskan sekali lagi, bahwa akun WA dengan nomor HP 085646437697 yang mengatasnamakan Drs. H. Mohni, MM selaku Plt Bupati Bangkalan adalah hoax," kata Agus.

Kepala Diskominfo Pemkab Bangkalan ini selanjutnya meminta kepada masyarakat agar lebih berhati-hati apabila menerima pesan atau telepon dengan terlebih dahulu melakukan pengecekan secara akurat.

"Harap selalu waspada dan lakukan check and re-check sumber informasi di tengah banyaknya informasi yang banyak beredar," katanya.

Sementara itu, selain di Bangkalan, peredaran akun WhatsApp palsu atas nama bupati juga pernah terjadi di Kabupaten Pamekasan. Satu orang warga dilaporkan telah tertipu Rp10 juta.