Waspada! Penipu Catut Nama KPK Berkeliaran di Kalbar
KPK (DOK VOI/Wardhany Tsa Tsia)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendapat informasi soal penipuan yang mencatut nama lembaganya di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Plt Juru Bicara KPK Bidang Penindakan Ali Fikri mengatakan, dari informasi yang diterima, para penipu mengatasnamakan diri sebagai Satgas Pungli Lembaga Aliansi Indonesia yang terafiliasi komisi antirasuah.

"Informasi yang kami terima pihak tersebut melakukan aksinya di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat serta tidak menutup kemungkinan aksi serupa juga bisa terjadi di daerah lain," kata Ali dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis, 29 Juli.

Atas informasi ini, Ali meminta masyarakat waspada atas segala modus penipuan termasuk mencatut nama KPK. Dia memastikan, pihaknya tak pernah memungut atau meminta uang pada siapa pun.

Apalagi, banyak penipu yang menggunakan logo dan nama yang miripi dengan KPK. "Kami pastikan lembaga tersebut tak memiliki hubungan kerja sama dengan KPK RI," tegasnya.

Jika ada masyarakat yang mendapati pelaku penipuan sedang melakukan aksinya, Ali meminta mereka dapat melaporkannya ke KPK.

"KPK mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan bila mendapatkan informasi sejenis, dapat mengkonfirmasi melalui call center 198 atau e-mail [email protected] dan [email protected]," pungkasnya.