Rizieq Shihab Tetap Menolak Sidang, Hakim Putuskan Sidang Ditunda Jumat
Sidang Rizieq Shihab sebelum aksi walkout dan akhirnya ditunda

Bagikan:

JAKARTA - Rizieq Shihab tetap menolak menghadiri sidang virtual kasus terkait swab test RS UMMI Bogor. Majelis hakim memutuskan menunda sidang pembacaan dakwaan.

“Jadi petugas kami di Bareskrim sudah mengupayakan secara maksimal, tapi dari terdakwa bersikukuh tidak mau melanjutkan. Namun demikian kami masih berupaya karena sampai sekarang pun sampai detik ini belum mau menghadiri,” kata jaksa penuntut umum dalam sidang di PN Jaktim, Selasa, 16 Maret. 

Hakim ketua Khadwanto memutuskan sidang ditunda hingga Jumat, 19 Maret. 

“Sidang kita tunda hari Jumat 19 Maret untuk acara pembacaan dakwaan,” kata dia. 

Sidang Rizieq Shihab sempat diskors 30 menit karena Rizieq Shihab bersama pengacara memilih walkout. Sempat terjadi ketegangan di ruang sidang karena pengacara memprotes keputusan hakim melanjutkan sidang virtual. 

Sementara Rizieq Shihab pada awal persidangan meminta dihadirkan dalam ruang sidang di PN Jakarta Timur. Rizieq Shihab kali ini menjalani sidang untuk perkara RS UMMI Bogor. 

“Saya ingin hadir langsung di ruang sidang, saya minta dihadirkan bukan di ruang Mabes Polri tapi di ruang sidang PN Jaktim,” kata Rizieq Shihab dalam sidang virtual, Selasa, 16 Maret.

Rizieq Shihab yang berada di Mabes Polri menyebut kehadirannya di ruang sidang merupakan hak terdakwa. Rizieq menyebut protokol kesehatan tak bisa dijadikan alasan dirinya tak dihadirkan di ruang sidang. 

“Sidang menjadi sorotan nasional dan internasional saya memohon kepada majelis hakim untuk kita kerja sama untuk sidang yang bermutu dan berkualitas karena disaksikan dunia internasional,” kata Rizieq. 

Rizieq Shihab lantas walkout bersama pengacara. Rizieq menolak sidang online. Hakim mempertanyakan aksi Rizieq Shihab kepada jaksa. Seharusnya jaksa menurut hakim mengantisipasi agar sidang berjalan.

“Sudah ada manajemen persidangan, tidak boleh terdakwa meninggalkan kursi ruang sidang tanpa izin majelis. Ya kalau terdakwa tanpa izin seenaknya keluar ya nggak pernah ada sidang berjalan.Tidak boleh seperti itu,” kata hakim ketua Khadwanto dalam persidangan Rizieq Shihab di PN Jaktim, Selasa, 15 Maret. 

Rizieq Shihab bersama pengacara dari awal sidang dibuka sudah menolak sidang virtual. Rizieq Shihab mengikuti persidangan dari Bareskrim Polri. Sementara hakim, jaksa dan pengacara berada di PN Jaktim. 

“Mengapa terdakwa tidak berada di tempat? Tolong dijawab kan sama saja sama sidang di sini. Memang boleh dia pergi? Nggak boleh, loh ini kok pergi. Jadi ini harus dipahami, analogi sama saja sidang ini,” kata hakim.