Warga Medan, Ini Pesan Wali Kota Bobby Nasution soal Vaksinasi COVID-19
Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu (Foto: Instagram @bobbynst)

Bagikan:

JAKARTA - Wali Kota Medan Bobby Nasution mengajak seluruh masyarakat agar tidak ragu mengikuti program vaksinasi baik yang dilaksanakan pemerintah maupun secara mandiri. Sebab vaksinasi COVID-19 halal, aman dan tidak ada efek samping.

"Demi mencegah penyebaran COVID-19 yang lebih luas di kota Medan, masyarakat Kota Medan jangan takut untuk divaksin," ujar Bobby dalam postingan instagramnya di akun @bobbynst, Selasa 16 Maret.

Untuk merealisasikan slogan Medan Pulih, Pemko Medan akan memberikan vaksin kepada seluruh masyarakat secara bertahap. Baik yang pernah terkonfirmasi positif COVID-19 maupun yang tidak pernah.

"Vaksinasi menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) dan kekebalan individu terhadap COVID-19," jelas Bobby.

Lantas mengapa butuh Vaksin COVID-19?

Menurut Bobby, vaksin dapat menurunkan angka penularan dan kematian akibat COVID-19. Vaksin, juga dapat mendorong terbentuknya herd immunity. Serta, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh.

"Menjaga produktivitas dan meminimalkan dampak sosial ekonomi," tulis pamflet sosialisasi di akun Bobby.

Diketahui, vaksin COVID-19 membutuhkan dua kali dosis penyuntikan.Suntikan pertama dilakukan untuk memicu respons kekebalan awal. Suntikan kedua, untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk.

Vaksin membutuhkan waktu 14-28 hari setelah penyuntikan kedua untuk membangun jumlah antibodi yang optimum supaya memberikan perlindungan yang maksimal.