Mereka Bangga Wali Kota Bobby Nasution Segera Lunasi Tunggakan Insentif Nakes Berbulan-bulan
Wali Kota Medan Bobby Nasution bertemu Ombudsman Sumut (Instagram bobby nst)

Bagikan:

JAKARTA - Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Afif Nasution segera membayarkan tunggakan insentif tenaga kesehatan (nakes) yang menunggak berbulan-bulan pada era kepemimpinan Akhyar Nasution. Keputusan cepat Bobby Nasution diapresiasi.

"Tak lebih dari seminggu setelah dilantik sebagai Wali Kota Medan, saya langsung tandatangani Perwal tentang penjabaran anggaran insentif nakes agar bisa dibayarkan," ujar Bobby Nasution, Senin, 15 Maret.

Bobby Nasution menegaskan Pemerintah Kota Medan sudah meminta Dinas Kesehatan serta Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah untuk segera memproses pencarian dana insentif tenaga kesehatan tersebut.

"Namun, pada saat proses pembayaran insentif beberapa hari lalu, saya menemukan adanya data yang tidak sinkron, yaitu ada 28 nama nakes yang memiliki nomor rekening sama dengan nama yang berbeda," ujar menantu Presiden Jokowi itu.

Akibatnya, lanjut Bobby Nasution, uang yang sudah dikirim terpaksa ditarik kembali agar tidak menimbulkan kekisruhan. 

"Insyaallah hari ini masalah tersebut dapat diselesaikan dan seluruh pembayaran dapat diproses," kata Bobby Nasution.

Bobby meminta maaf atas keterlambatan pembayaran insentif tenaga kesehatan oleh Pemerintah Kota Medan.

"Walau demikian, saya turut memohon maaf atas keterlambatan pembayaran insentif nakes di RSUD Pirngadi dan puskesmas di Medan yang terjadi pada saat sebelum saya menjabat," tuturnya.

Sebelumnya, sejumlah tenaga kesehatan menggelar aksi unjuk rasa di RSUD Pirngadi Kota Medan pada Rabu, 10 Februari, menuntut manajemen rumah sakit segera melunasi insentif COVID-19 yang belum dibayar sejak Mei 2020. 

Postingan Bobby Nasution di Instagram miliknya langsung diapresiasi warganet. Ada yang menyebut Bobby cepat merespon dan teliti dalam menangani masalah tunggakan insentif nakes tersebut.

"Mantab nih. Ga cuma bisa validasi dan tanda tangan doang, tapi di cek lagi apakah sudah sesuai atau belom. Ada aja celah orang utk bocorin anggaran," balas akun @valle_robbie46 dikolom komentar.

Warganet yang merupakan tenaga kesehatan juga berterima kasih kepada Wali Kota Medan karena memperhatikan nasibnya.

"Alhamdulillah. Terima kasih pak Wali atas perhatian yg begitu besar kpd kami para nakes kota Medan. sehat dan sukses selalu pak Wali," tulis akun @momdaffafairelghafi.

Sementara lainnya, optimis Medan ditangan Bobby akan menjadi kota yang lebih baik.

"Medan akan berubah lbh baik," kata akun @sahat.jorg.