Kisruh Insentif Nakes RS Pirngadi Belum Dibayar 7 Bulan, Bobby Nasution Janji Segera Cairkan
Tenaga kesehatan RS Pirngadi Medan saat demo pembayaran insentif COVID-19 beberapa waktu lalu (Ist)

Bagikan:

MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution berjanji segera mencairkan dana untuk membayar insentif tenaga kesehatan (nakes) yang menangani COVID-19. Pembayaran ini terutama untuk tenaga kesehatan di RSUD dr Pirngadi Medan yang belum menerima insentif tujuh bulan.

"Salah satu yang paling utama kita lakukan sekarang dan paling cepat, yaitu insentif nakes (tenaga kesehatan)," kata Bobby Nasution di Medan dikutip Antara, Senin, 8 Maret.

Bobby Nasution mengatakan Pemko Medan sudah meminta Dinas Kesehatan dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah segera memproses pencarian dana insentif untuk tenaga kesehatan.

"Sedang kita proses untuk pembayarannya yang terlambat kemarin," katanya.

Secara terpisah, Kepala Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara Abyadi Siregar mengatakan dana insentif tenaga kesehatan yang dicairkan baru sekitar Rp3,1 miliar dari total dana Rp15 miliar yang tahun lalu diterima Pemko Medan untuk insentif tenaga kesehatan.

"Sekitar Rp3,1 miliar insentif itu sudah terbayarkan. Jadi ada sisa mencapai Rp12 miliar, masuk ke dalam SILPA (sisa lebih pembiayaan anggaran)," katanya.

Ombudsman akan mengawal penyaluran insentif bagi tenaga kesehatan yang terlibat dalam penanganan COVID-19 di Kota Medan.