Jokowi Sambangi Bali Tinjau Vaksinasi, Titip 3 Hal Penting
Presiden Jokowi di Bali /tangkapanlayar

Bagikan:

GIANYAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Gubernur Bali Wayan Koster meninjau vaksinasi COVID-19 massal di Puri Agung, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. 

"Saya hanya ingin titip tiga hal penting. Kita patut bersyukur proses vaksinasi sudah dimulai secara bersamaan di Provinsi Bali, di seluruh kabupaten dan Kota," kata Jokowi, Selasa, 16 Maret. 

"Dan kita harapkan dengan semakin banyaknya masyarakat yang telah divaksinasi, nanti akan terjadi herd imunity kekebalan komunal yang kita harapkan. Telah terbentuk kekebalan komunal (dan) laju penyebaran COVID-19 bisa kita hambat, bisa kita kurangi dan bahkan bisa kita hilangkan," sambungnya. 

Jokowi berterima kasih kepada kepala daerah di Bali yang terus menerus mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan.

"Yang penting, kedua agar tetap selalu menjaga protokol kesehatan secara ketat. Sehingga, betul-betul nanti laju penyebaran COVID-19 ini bisa berkurang di Provinsi Bali," ujarnya.

Poin ketiga Presiden Jokowi bicara rencana pembukaan pariwisata dengan syarat menurunnya laju kasus COVID-19

"Ketiga apabila nanti sudah kelihatan penyebaran COVID-19-nya landai menurun dan kemudian hilang dengan tahapan-tahapan yang nanti di desain baik dari provinsi, kabupaten dan kota maupun nanti dari pusat," ujarnya.

"Kita akan memulai satu persatu pembukaan ekonomi. Khususnya di sektor pariwisata di Provinsi Bali agar kembali pada posisi normal, tetapi saat ini kita harus berbicara apa adanya masih memerlukan tahapan-tahapan menuju sebuah situasi yang normal dan kita harapakan semuanya tetap masih pada posisi waspada," ujar Jokowi.