Ambisius, Vaksinasi 1 Juta Belum Tercapai, Jokowi Sudah Beri Target 2 Juta Dosis Per Hari Bulan Agustus
Presiden Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinasi massal yang digelar di GBK (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo memberi target kepada semua pemerintah daerah untuk menggencarkan vaksinasi COVID-19. Bahkan, Jokowi memberi target vaksinasi pada bulan Agustus mencapai dua juta dosis per hari.

Padahal, sebelumnya Jokowi sudah memberi target satu juta dosis per hari. Namun, vaksinasi dalam skala nasional per hari ini baru menyasar 650 ribu orang.

Namun, Jokowi optimis hal itu bisa tercapai. Sebab, saat ini seluruh daerah mulai menggelar vaksinasi COVID-19 secara massal.

“Hari ini bersyukur kita bisa melaksanakan vaksinasi massal di seluruh Tanah Air dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Memang target hari ini adalah satu juta vaksin untuk rakyat yang kita harapkan nanti akan terus menuju di bulan Juli dan di bulan Agustus target kita nanti dua juta vaksin,” kata Jokowi saat meninjau vaksinasi massal di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta Selatan, Sabtu, 26 Juni.

Jokowi juga melakukan konferensi video secara online dengan para Kapolda maupun Pangdam Jaya di sejumlah provinsi seperti Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Maluku, Jawa Timur, hingga Bali.

Konferensi video ini dilakukan langsung di lokasi vaksinasi massal yang ia datangi, seperti GBK dan Lapangan Bhayangkara, Markas Besar Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Dalam konferensi video tersebut, Jokowi memberi target setiap daerah mulai melakukan vaksinasi dua kali lipat pada awal Juli, dari yang dilakukan saat ini. Semua Kapolda dan Pangdam jaya menyanggupi keinginan Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga Jokowi menginstruksikan jajaran TNI-Polri untuk turut menyukseskan program vaksinasi sekaligus tetap menjaga kedisiplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan.

“Saya titip kepada jajaran TNI dan Polri, Kodam, Polda, agar bersama-sama dengan pemerintah daerah ikut mendisiplinkan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan, utamanya memakai masker, utamanya menjaga jarak. Tindakan lapangan, langkah-langkah lapangan dalam rangka kedisiplinan ini sangat penting,” tegasnya.