Satgas COVID-19 Optimistis DKI Capai <i>Herd Immunity</i> Bulan Agustus
ILUSTRASI/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito optimistis DKI Jakarta mampu mencapai kekebalan imunitas komunal atau herd immunity pada bulan Agustus mendatang.

Hal ini dilihat dari pencapaian vaksinasi COVID-19 DKI Jakarta yang sudah mencapai 2,8 juta orang pada dosis pertama dan 1,8 juta orang pada dosis kedua. 

"Melihat perkembangan yang ada pemerintah optimis akan mencapai target yang telah ditetapkan, contohnya sampai saat ini provinsi DKI Jakarta sudah mencapai 61,93 persen untuk pemberian dosis kedua. Herd immunity dapat tercapai jika setidaknya 70 persen sasaran vaksinasi telah tervaksinasi," ucap Wiku dalam konferensi pers virtual, Selasa, 15 Juni.

Wiku meminta masyarakat untuk bisa memantau cakupan vaksinasi agar seluruh daerah bisa mencapai herd immunity yang sama dengan Ibu Kota. Hal itu bisa dilihat di kanal www.vaksin.kemkes.go.id.

"Terkait cakupan vaksinasi per subpopulasi dan daerah, media serta masyarakat umum bisa terus mengawasi perkembangan secara realtime melalui kanal yang sudah disiapkan pemerintah," jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemberian vaksinasi COVID-19 terhadap masyarakat di DKI Jakarta terus dilakukan secara masif.

Bahkan, dia memberikan target yang ambisius dan butuh kerja keras kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait pemberian vaksin ini.

"Saya telah menyampaikan kepada Gubernur DKI Jakarta untuk di akhir Agustus, target 7,5 juta penduduk di Jakarta harus sudah tervaksinasi. Ini memang target yang ambisius," kata Jokowi.

Target ambisius ini mau tidak mau dicanangkan demi mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity di tengah penyebaran COVID-19. 

"Mau tidak mau kita harus menuju ke sana," tegas eks Gubernur DKI Jakarta tersebut