Sidang Riuh dan Audio Jelek, Rizieq Shihab Jawab Pakai Tulisan
Suasana sidang Rizieq Shihab/Tangkapan Layar

Bagikan:

JAKARTA - Terdakwa kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes), Rizieq Shihab menujukan sebuah kalimat yang ditulis di kertas. Tulisan itu ditunjukan Rizieq pada saat proses persidangan.

Mulanya, Rizieq yang mengikuti persidangan secara online itu menyampaikn keluhan lantaran koneksi internet yang kerap terputus. Sehingga, suara hakim, jaksa penuntut umum (JPU), dan kuasa hukum tak terdengar.

Kemudian, hakim pun memutuskan untuk menunda persidangan selama beberapa saat. Tujuannya, untuk memperbaiki sistem komunikasi.

Hingga akhirnya, mejelis hakim memutuskan menunda persidangan hingga Jumat, 19 Maret.

Tapi, jaksa penuntut meminta kesempatan kepada majelis hakim untuk persidangan ini tetap berjalan. Sebab, dalam persidangan ini hanya untuk pembacaan dakwaan.

"Izin yang mulia, sekiranya kami juga diberikan kesemapatan (sidang dilanjutkan). Karena persidangan ini hanya pembacaan dakwan izin diberikan waktu," ucap jaksa.

Hanya saja, karena suara di persidangan tak terdengar sehingga pernyataan jaksa lainnya tak jelas.

Hingga akhirnya, Rizieq Shihab yang sebelumnya nampak berbicara dengan seseorang disebelahnya, tiba-tiba mengambil kertas yang berisi tulisan. Dia pun menujukan isi tulisan tersebut.

"Tidak Terdengar," isi tulisan Rizieq Shihab.