Anies Minta Bantuan Luhut Cegah Banjir dari Hulu, Wagub Riza: Seperti yang Dikatakan Pak Jokowi saat Gubernur
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub DKI Ahmad Riza Patria (DOK. Instagram Anies Baswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria mengaku Gubernur DKI Anies Baswedan menemui Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk meminta bantuan mengatasi banjir Jakarta.

Menurut Wagub Riza, Anies dan Luhut membicarakan perlunya dukungan pemerintah pusat untuk membendung aliran air dari hulu (Bogor, Depok, dan Banten) yang mengalir ke hilir (Jakarta).

"Masalah banjir, salah satu solusinya menurut kami seperti yang disampaikan Pak Jokowi. Artinya kalau Jakarta tidak pengen banjir, di antaranya adalah kita mengadang aliran air dari hulu," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat, 12 Maret.

Saat ini, Kementerian PUPR tengah membangun dua waduk di kawasan hulu, yakni Waduk Ciawi dan Sukamahi. Waduk ini memberikan kontribusi untuk meminimalisasi 11 persen banjir Jakarta.

Ke depan, Riza berharap pemerintah pusat kembali membangun tempat penampungan air di kawasan hulu. Sebab, Riza mengaku sependapat dengan pernyataan Jokowi saat masih menjadi Gubernur DKI.

Saat awal tahun 2013, Jokowi menganggap masalah banjir di Ibu Kota tak bisa diselesaikan sendiri. Harus ada bantuan dari daerah penyangga untuk meminimalisasi air kiriman yang datang ke Jakarta.

"Mudah-mudahan ke depan, dengan pertemuan (Anies dan Luhut) tersebut, semua mengikuti apa yang disampaikan Pak Jokowi ketika jadi gubernur. Salah satu solusi mengatasi banjir adalah tidak hanya dengan melebarkan sungai, tapi menghadang air di hulu," tutur dia.

Pada Rabu, 10 Maret, Anies mendatangi kantor Luhut. Kepada Luhut, Anies membicarakan permasalahan pengembangan wilayah dan percepatan pembangunan infrastruktur di DKI Jakarta. Hal ini diungkapkan Luhut dalam unggahan akun Instagram luhut.pandjaitan.

“Pak Luhut, I come to you with menu of problem,” kata Anies yang dikutip Luhut dalam akun Instagramnya.

"Saya jawab 'no problem pak, we can solve it. Asal harus terintegrasi'," jawab Luhut.

Luhut bercerita, Anies meminta dukungan pemerintah pusaat terkait tiga hal yang jadi permasalahan utama Pemprov DKI, utamanya adalah pengendalian banjir di Ibu Kota.

Luhut mengaku penyebab dan jenis banjir di Jakarta cukup beragam, yakni banjir rob, masalah tanggul, dan luapan sungai.

Dia menyampaikan kepada Anies perlunya pengendalian banjir di hulu, di Ibu Kota, aktivasi rumah pompa, dan bagaimana agar drainase di Ibu Kota berfungsi dengan baik. 

"Yang tak kalah penting adalah penanganan sampah dan limbah di Jakarta dilakukan secara tepat, jika semua hal ini dilakukan secara beriringan, saya kira banjir di Jakarta bisa kita atasi," ujar Luhut.