Bagikan:

JAKARTA - Kepala Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh ditunjuk sebagai Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) sebelum melaksanakan kunjungan kerja.

“Jadi memang benar bahwa Presiden sudah menandatangani lengkapnya adalah Keppres tentang Panitia Seleksi Pimpinan dan Dewas KPK. Jadi ini satu panitia sekaligus untuk seleksi pimpinan KPK dan juga anggota Dewas KPK,” kata Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada wartawan di Gedung Kemensetneg, Veteran, Jakarta Pusat, Kamis, 30 Mei.

“Dan Pak Presiden sudah menetapkan ketuanya adalah Muhammad Yusuf Ateh,” sambungnya.

Ateh nantinya akan bekerja dibantu Rektor IPB yang juga ketua organisasi masyarakat, Arief Satria sebagai wakilnya. Kemudian ada juga tujuh anggota di antaranya Ketua PPATK Ivan Yustiavandana hingga Taufik Rachman.

“Jadi ketuanya ini dari unsur pemerinth pusat sebagaimana diatur dalam PP Nomor 4 Tahun 2020 tentang tata cara pengangkatan Ketua dan Dewan Pengawas KPK,” tegasnya.

Berikut adalah lengkap nama Pansel Capim dan Dewan Pengawas KPK yang ditunjuk Presiden Jokowi:

Ketua Pansel merangkap anggota: Muhammad Yusuf Ateh yang merupakan Kepala BPKP

Wakil Ketua merangkap anggota: Arief Satria yang merupakan Rektor IPB danketua organisasi masyarakat.

Anggota:

Ivan Yustiavandana

Nawal Nely

Ahmad Erani Yustika

Ambeg Paramarta

Elwi Danil

Rezki Sri Wibowo

Taufik Rachman