Bagikan:

JAKARTA - Menko Polhukam Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan alat utama sistem senjata (alutsista) milik TNI-Polri siap dikerahkan untuk membantu pengiriman logistik Pilkada 2024 ke berbagai wilayah di Tanah Papua.

"Alutsista milik TNI-Polri siap dikerahkan bila penyelenggara pemilu membutuhkan untuk mengirim logistik ke berbagai wilayah di Tanah Papua," kata Hadi usai memberikan pengarahan kepada TNI-Polri menjelang pilkada 2024 di Tanah Papua di Jayapura, Kamis 30 Mei, disitat Antara. 

Hadi menjelaskan alutsista TNI-Polri yang ada saat ini di bawah kendali Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III dan Armada Timur.

"Seluruh alusista milik TNI-Polri dapat dikerahkan untuk mendukung pengiriman logistik terutama ke wilayah yang memang sulit dijangkau," ujarnya.

Menurut Hadi, cuaca di beberapa daerah, terutama di Provinsi Papua Pegunungan dan Papua Tengah berbeda dengan daerah lain karena cuaca cerah hanya beberapa jam saja .

"Selain faktor cuaca yang sering berubah di wilayah-wilayah tertentu hanya dapat didarati pesawat berbadan kecil dan helikopter," kata Hadi.

Sebelumnya saat pengarahan dalam rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan pilkada 2024 di enam provinsi di Tanah Papua, yang dipusatkan di Jayapura, Papua, Rabu, 29 Mei, Menko Polhukam mengajak semua pihak untuk bersinergi, sehingga pelaksanaan pilkada bisa berjalan aman.

"Selain sinergitas, ASN dan TNI-Polri juga harus netral sehingga pelaksanaan pilkada berlangsung aman," ujar Hadi.

Tanah Papua memiliki enam provinsi yaitu Papua, Papua Barat,Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Selatan.