Bagikan:

JAKARTA - Korea Selatan (Korsel) memperingatkan warganya yang tinggal di perbatasan akan adanya kiriman 90 balon berisi sampah dan kotoran yang diterbangkan dari Korea Utara (Korut).

Mengutip Yonhap News via Reuters, militer Korsel mendeteksi benda tak dikenal yang diyakini berasal dari Korut terbang melintas perbatasan yang dijaga ketat pihaknya.

Warga diminta untuk menjauh jika menemui balon terbang yang mendarat di area permukiman.

Sumber militer Korsel menyebutkan, sebanyak 90 balon terdeteksi telah mendarat dan sebagian lagi masih berada di udara pada Rabu 29 Mei.

Foto-foto yang dipublikasikan media Korsel menunjukkan sebuah balon putih mengembang dengan kantong plastik mendarat di daratan. Sementara sampah berserakan di sekitar balon.

Sebelumnya, Wakil Menteri Pertahanan Korut pada Minggu 26 Mei berjanji akan menggunakan “kekuatannya untuk membela diri”.

Ia juga memperingatkan bakal mengirimkan "sampah kertas dan kotoran" ke Korsel sebagai respons atas “barang-barang kotor” yang dikirimkan Korsel ke Korut.

Adapun aktivis Korsel kerap mengirimkan balon terbang ke Korut selama beberapa tahun belakangan. Balon terbang itu berisi selebaran yang mengkritik para pemimpin Korut dan memory stick USB berisi video musik K-pop.

Hubungan antara Korut dan Korsel diketahui tidak harmonis meski perjanjian gencatan senjata di antara kedua pihak mengakhiri pertempuran Perang Korea tahun 1950-1953.