Bagikan:

TANGERANG - Polisi menindaklanjuti kasus dugaan penipuan dengan modus giveaway iPhone 15 Promax yang dialami oleh seorang jurnalis, dengan terlapor akun media sosial @rsiavitalaya.

Kasie Humas Polres Tangerang Selatan, AKP Agil saat ditemui VOI di Polres Tangsel, Rabu, 15 Mei, menerangkan bila pihaknya sedang melakukan penyelidikan.

“Saya sudah komunikasi dengan Reskrim. Itu sudah ditangani oleh unit Resmob. Langsung ditindak lanjut,” kata AKP Agil.

Agil menyebut saat ini pihaknya telah meminta keterangan sejumlah saksi dan mengumpulkan bukti-bukti untuk mengetahui kejadian sebenarnya kasus tersebut.

“Setelah menerima laporan melakukan klarifikasi terhadap saksi korban dan saksi lainnya,” ujarnya.

Seorang jurnalis mengaku telah menjadi korban penipuan give away iPhone 15 Promax oleh akun media sosial @rsiavitalaya, Pamulang, Tangerang Selatan. Kerugian mencapai Rp9 juta.

Informasi yang didapat, kejadian bermula saat korban yang tak ingin disebutkan namanya, mendapat kiriman link akun media sosial @rsiavitalaya yang memuat konten giveaway iPhone 15 Promax, Minggu, 12 Mei.

Korban pun mengikuti langkah-langkah yang tertulis dalam penjelasan akun media tersebut.

“Setelah saya screenshot, saya kirim ke nomor WA itu. Di WA lah itu, dan saya dapat. Saya disuruh transfer uang. Bodohnya saya tidak langsung cek, akhirnya kejadian,” kata korban saat dihubungi VOI, Senin, 13 Mei.

Setelah mengirimkan bukti transfer ke nomor WA yang mengaku dari pihak RSIA Vitalaya, ternyata akun itu kembali meminta uang dengan alasan untuk jaminan barang tersebut.

“Saya transfer uang, dia WA minta ditransfer lagi. “Ini maksudnya apa?. Terus dia telpon. Katanya untuk jaminan saja, bapak transfer kembali dengan jumlah Rp9 juta. Saya langsung tersadar bahwa ini penipuan,” ungkap korban.

Sadar dirinya telah ditipu, korban mendatangi RSIA Vitalaya, Pamulang, Tangerang Selatan. Namun, saat itu tidak ditemukan pihak manajemen, karena menurutnya bertepatan dengan hari libur.

“Sesampainya di sana tidak ada pihak manajemen, cuma ada karyawan biasa. Mereka bilang bahwa ternyata dihack,” ucapnya.

Korban mengaku dirinya hanya modal percaya terhadap akun tersebut. Atas kejadian itu, korban membuat laporan ke Polres Tangerang Selatan dengan nomor TBL/B/1105/N/2024/SPKT/POLRES TANGERANG SELATAN/POLDA METRO JAYA, Minggu, 12 Mei sekira pukul 16.32 WIB.

Saat wartawan VOI menghubungi manajemen RSIA Vitalaya untuk konfirmasi, dikatakan bahwa akun resmi instagram kantornya telah dihack. Sehingga dirinya tidak mengetahui jika ada aksi penipuan tersebut.

“Pemberitahuan akun Instagram @rsiavitalaya telah dihack oleh pihak yang tak bertanggungjawab,” ucapnya.