Bagikan:

DEPOK - Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Depok, Supian Suri mengaku senang bisa ikut merayakan 97 tahun berdirinya Huria Kristen Indonesia yang diadakan di Gereja HKI Juanda Depok.

"Terima kasih atas kebersamaan selama ini. Mudah-mudahan kebersamaan selama ini bisa terus terbangun," ucap Supian Suri di Gereja HKI Juanda Depok, Jalan Perjuangan, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, Minggu 5 Mei kemarin.

Sekda Supian Suri datang ke HKI Juanda untuk menghadiri perayaan Ulang Tahun ke-97 Huria Kristen Indonesia yang memiliki lebih dari 900 gereja di seluruh Indonesia. Kedatangan Supian sekaligus untuk bersilaturahmi dengan para jemaat gereja yang sudah beribadah di sana selama 9 tahun.

Jemaat HKI Juanda mengaku senang dengan kedatangan pemimpin mereka itu. Apalagi Supian rela meluangkan waktu di tengah padatnya acara dia.

"Barusan saya di Bojong Sari, kejar waktu di sini," kata dia.

"Silaturahmi ini menyambung kebersamaan dengan HKI Juanda yang telah membangun jemaatnya di sini selama sembilan tahun," kata Supian.

Pada kesempatan itu, jemaat HKI Juanda menyampaikan kekhawatirannya kepada Bang SS sapaan akrab Sekda Kota Depok, perihal keberadaan gedung Gereja yang terancam digusur. Kekhawatiran tersebut muncul lantaran Gedung Gereja HKI Juanda berada di atas lahan milik Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

Supian menegaskan, pembangunan UIII berada langsung di bawah koordinasi pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Agama. Namun, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan berupaya membantu mengkomunikasikan masalah tersebut.

"Mudah-mudahan pemerintah pusat bisa akomodir, karena prinsipnya Depok ini punya latar belakang agama, seharusnya punya ruang yang sama (untuk beribadah)," jelas Supian.

Penatua Gereja HKI Juanda, Thoman Hutasoit menuturkan, HKI Juanda sudah berdiri sejak tahun 2015.

"Gereja HKI ini tersebar di seluruh Indonesia dan sudah berusia 97 tahun, untuk di HKI Juanda usianya 9 tahun. Kami berharap pemerintah tetap memberikan fasilitas untuk kami beribadah," pungkasnya.

Acara ini juga dihadiri oleh anggota DPRD dari PDI Perjuangan, Fransiskus Samosir. Dia berharap Pemkot Depok melalui Sekda Supian Suri benar-benar bisa memberi perhatian lebih kepada nasib HKI Juanda.