Firman Sibarani Terpilih Jadi Ephorus Gereja HKI, Hotman Hutasoit Jadi Sekjen
Tangkap Layar YouTube HKI

Bagikan:

PEMATANGSIANTAR - Gereja Huria Kristen Indonesia baru saja menyelesaikan agenda besar. Memilih pucuk pimpinan tertinggi Ephorus HKI periode 2021-2026 dalam sinode ke-63. 

Pimpinan Pusat Huria Kristen Indonesia (PP HKI) akhirnya memilih Pdt Firman Sibarani MTh sebagai Ephorus yang baru. Sedangkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) periode 2021-2026 jatuh ke tangan  Pdt Hotman Hutasoit MTh.

Pemilihan ini dilakukan pada Sabtu, 27 Maret malam pukul 21.00 WIB di Gereja HKI di Pematangsiatar, dengan sistem "Manjomput Natarsurat" (mimilih gulungan kertas). Yakni, setiap calon Ephorus memilih  satu gulungan dalam sebuah kotak. Jika di dalam kertas bertulis "Ephorus", dialah yg terpilih. 

Firman terpilih dari dua nama calon Ephorus HKI lainnya, yaitu Pendeta Batara Sihombing (Sekjen HKI) dan Pendeta Jansen Simanjuntak (Kepala Departemen Marturia HKI).

Sebelum terpilih sebagai Ephorus HKI, Pendeta Firman Sibarani menjabat sebagai Praeses Daerah VI Sumatera Timur II di Medan. Firman merupakan putra kelahiran Kampung Tualang, Desa Sei Bamban, Kabupaten Serdangbedagai tahun 1963 silam.

Firman memulai pelayanan gereja HKI sebagai pendeta resort di Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, pada tahun 1990. Terhitung, ia sudah mendedukasikan hidupnya sebagai pelayanan gereja selama 30 tahun lebih.

Sedangkan Hotman Hutasoit, sebelum ini duduk sebagai Sekretaris Umum PGI Wilayah Sumut. Dia beberapa kali tampil juga ikut memberi imbauan dan pengarahan kepada umat kristiani di Sumut menghadapi Covid-19.

Beberapa jam sebelumnya, anggota sinode berjumlah 530 orang, telah memilih  anggota Majelis Pusat sebanyak 15 orang dan Praeses (pimpinan daerah) 14 orang. Peserta sinode berasal dari seluruh gereja HKI di seluruh Indonesia. Pemilihan uttuk bidang ini dengan sistem lama, mencontreng nama.

Ketua Panitia Sinode ke-63 HKI Ir Reinward Simanjuntak sempat menghentikan penghitungan suara menjaga timbulnya kerumunan massa yg antusias mengikuti acara. "Saya hentikan penghitungan kalau tidak mau menjaga jarak," katanya lewat pengeras suara.

Sinode berlangsung di Auditorium Universitas Simalungun, Pematangsiantar, 26-28 Maret 2021.