Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 1.233 personel gabungan Polres Metro Jakarta Pusat disebar untuk melakukan pengamanan di bagian dalam maupun luar gedung Mahkamah Konstitusi (MK) menjelang sidang pendahuluan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, bahwa pihaknya siap melakukan pengamanan sidang PHPU di gedung MK.

"Kami dari pihak kepolisian juga akan menyiapkan lokasi tertentu untuk penyampaian aspirasi masyarakat. Kami menerjunkan 1.233 personel gabungan," kata Kombes Susatyo saat dikonfirmasi, Rabu, 27 Maret.

Kombes Susatyo mengimbau kepada warga masyarakat yang akan menyampaikan aspirasi siang ini untuk memperhatikan hak-hak masyarakat lain.

"Kami mengimbau, siapa saja yang akan menyampaikan pendapat di muka umum, sebagaimana diatur dalam undang-undang penyampaian pendapat hak setiap warga negara. Tentunya harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya, sehingga aturan dalam undang-undang penyampaian pendapat di muka umum harap di patuhi," katanya.

Kombes Susatyo juga menginstruksikan jajarannya agar bersikap humanis dalam pengamanan di gedung MK.

"Kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi, pelayanan serta humanis," ujarnya.