Sidang Gugatan Hasil Pemilu, Pengamanan Ketat Luar-Dalam MK
DOK MK

Bagikan:

JAKARTA - Sidang perdana sengketa atau perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2024 digelar Rabu, 28 Maret. Pengamanan ketat dilakukan di dalam maupun luar Mahkamah Konstitusi (MK).

Juru Bicara MK, Fajar Laksono, menyebut pihaknya sudah memetakan titik-titik pengamanan baik di ruang sidang maupun gedung Mahkamah Konstitusi.

"Untuk keamanan di ruang sidang maupun di sekitaran MK kalau di gedung MK saya kira sudah, titik-titik pengamanan sudah, termasuk di ruang sidang tentu pengamanan secara tertutup," ujar Fajar.

Sejauh ini, Fajar memastikan pengamanan yang diterapkan sangatlah ketat sehingga dapat memastikan kelancaran proses persidangan.

"Ya, pokoknya pengamanan untuk kelancaran sidang sudah kita siapkan. Saya ngga bisa detail kalo soal strategi pengamanan," kata Fajar.

Skema pengamanan ketat juga diterapkan di luar atau kawasan Gedung MK. Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro menyebut sekitar 400 anggota kepolisian dikerahkan. Mereka akan disiagakan di titik yang sudah ditentukan.

"Kami mulai besok menyiagakan 400 personel. Yang akan melakukan pengamanan setidaknya, baik pada ring satu di MK ini," ucap Susatyo.

 

Pengamanan dilakukan agar seluruh bagian dari gedung Mahkamah Konstitusi steril ketika persidangan PHPU berlangsung.

Terutama, dari masyarakat yang akan menyuarakan pendapatnya terkait hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024

"Persidangan harus steril, serta pada area parkir, termasuk pada kawasan dari MK. Apabila ada masyarakat yang akan menyampaikan aspirasinya terkait proses persidangan, tentunya kmi berharap bisa bekerja sama, tidak melakukannya di depan MK," kata Susatyo.