Polisi Imbau Toko Emas Waspada Aksi Perampokan Jelang Lebaran
Petugas kepolisian imbau toko emas menjelang hari Raya Idulfiti atau lebaran/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Cegah aksi kejahatan pencurian dan perampokan selama bulan Ramadan, anggota Kepolisian Polsek Cengkareng melakukan sambang wilayah memberikan edukasi terhadap para pemilik toko emas di Pasar Bojong Indah, Cengkareng, Jakarta Barat.

Kapolsek Cengkareng, Kompol Hasoloan Situmorang mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan agar pemilik toko emas dan masyarakat lainnya lebih berhati-hati menyikapi situasi selama Ramadan. Tetap waspada dalam mencegah aksi kriminalitas menjelang lebaran.

"Kami memberikan imbauan kepada pemilik toko emas dan karyawan tentang pentingnya meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi tindak kriminal, seperti pencurian atau perampokan," kata Kompol Hasoloan saat dikonfirmasi, Senin, 18 Maret.

Kompol Hasoloan juga memberikan beberapa tips dan langkah-langkah preventif yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan toko. Misalnya seperti memasang CCTV, menjaga kerahasiaan jadwal pengiriman atau penerimaan barang berharga, serta meningkatkan koordinasi dengan pihak kepolisian setempat.

Pemilik toko emas dan karyawan diminta untuk saling menjaga dan berkolaborasi dengan aparat terkait menjaga keamanan lingkungan sekitar.

"Ini sebagai bentuk kepedulian bersama dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif, terutama saat bulan Ramadan," ujarnya.

Kegiatan sambang wilayah tersebut, sambungnya, diharapkan mampu memberikan pemahaman kesadaran terhadap masyarakat terkait pentingnya peran serta aktif dalam menjaga keamanan lingkungan.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan mengatakan, dinamika ekonomi jelang lebaran kian berkembang. Oleh karena itu dia berpendapat bila aksi kriminal pun sangat memungkinkan terjadi lantaran desakan ekonomi.

"Jelang lebaran ini dinamika ekonomi berkembang sehingga orientasi orang ingin mendapatkan sesuai dengan cara cepat dan singkat," kata Kombes Pol Gidion Arif Setyawan.

Menurut dia, kondisi jelang Lebaran ini membuat pelaku aksi kriminal kerap melancarkan aksinya seperti melakukan pencurian rumah, pencurian kendaraan bermotor, pencurian dengan aksi kekerasan dan lainnya.

"Motor yang parkir di pinggir jalan diambil begitu saja," kata dia.

Untuk itu, ia meminta agar personel kepolisian baik di jajaran Polres maupun Polsek untuk meningkatkan frekuensi patroli dan turun ke masyarakat.

Selain itu, menambah personel melakukan kegiatan rutin seperti patroli, kunjungan ke masyarakat dan lainnya.