Ternyata, Perampok Toko Emas di ITC BSD Tangsel Pernah Beraksi di Pasar Kemis dan Cikupa Tangerang
Perampok yang beraksi di toko emas ITC BSD Tangsel/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARATA - Polisi memastikan pelaku perampokan toko emas Sinar Mas, ITC BSD Kota Tangsel, merupakan spesialis perampok toko emas. Sebab berdasarkan catatan kepolisian, mereka telah berhasil menggasak tiga toko emas dalam kurun waktu satu tahun. Adapun tiga toko emas itu di Pasar Kemis, Cikupa dan BSD, Tangerang Selatan.

Berawal dari aksi perampokan pertama pada 10 April 2022, yang terjadi di toko emas Jaya Baru Pasarkemis, Kabupaten Tangerang. Kemudian, berlanjut pada 1 Mei 2022 di toko emas Paris di Cikupa Kabupaten Tangerang. Terakhir pada 19 September 2022, di toko mas Sinar Mas ITC BSD, Tangerang Selatan.

"Pelaku telah lakukan aksi pencurian toko emas di tiga TKP berbeda yang keseluruhannya berada di Provinsi Banten," kata Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Sarly Sollu, Jumat, 30 September.

Sarly menuturkan dari ketiga tempat toko emas tersebut, pelaku berinisial TH berperan sebagai eksekutor.

"Sementara MK adalah pecatan satuan TNI yang menyuplai senjata api untuk merampok tiga toko emas di wilayah Tangerang," katanya.

Terkait motif para pelaku mengincar toko emas, lantaran hasil rampokan bisa dijual kembali dengan mudah, cepat dan cenderung bernilai stabil.

"Salah satunya dari keterangannya yang disampaikan, adalah mudah dan cepat. Itu dilakukan karena ada motif dari pada ekonomi," tutupnya.

Sebeumnya, Polda Metro Jaya menangkap pelaku kasus perampokan ITC BSD, TangS (37), TH (37), MK (33) dan K (34). Mereka ditangkap di tiga lokasi berbeda, yakni Bogor, Benda Kota Tangerang hingga Grobongan Jawa Tengah.