Surati Dewan Keamanan PBB, Menlu Israel Katz Tuduh Iran Memasok Senjata kepada Hizbullah
Militer Hizbullah. (Wikimedia Commons/Tasnim News Agency)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Israel Katz menegaskan pihaknya siap mengambil tindakan untuk melindungi warga dan kepentingan Israel dari kelompok Hizbullah.

Menulis surat kepada Dewan Keamanan PBB, Menlu Katz menuliskan situasi di perbatasan bersama Israel dengan Lebanon, mengungkapkan Iran telah mentransfer senjata ke kelompok Hizbullah yang melanggar Resolusi 1701, seperti melansir The National News dari Channel 12, 23 Feberuari.

Lebih jauh, Menlu Katz menuduh Iran mentransfer senjata melalui jalur darat, udara dan laut, serta merinci komponen-komponen yang ditransfer dan untuk apa senjata-senjata tersebut digunakan.

Menurut Katz, senjata-senjata tersebut dipindahkan dari Iran ke Irak dan dari sana diselundupkan ke Suriah.

Pada titik itu, senjata-senjata tersebut dipindahkan melintasi perbatasan ke Lebanon. Untuk mendukung buktinya, Katz memberikan tanggal yang tepat kepada PBB tentang transfer terbaru.

"Dewan Keamanan juga harus meminta pemerintah Lebanon untuk sepenuhnya melaksanakan keputusannya, bertanggung jawab dan mencegah serangan dari wilayahnya terhadap Israel, dan memastikan bahwa wilayah hingga Sungai Litani bebas dari kehadiran militer, aset, atau senjata," tulis Katz.

"Israel menegaskan kembali hak fundamentalnya untuk melakukan apa pun yang diperlukan sesuai dengan hukum internasional untuk melindungi warganya dari pelanggaran-pelanggaran keji ini," tegasnya.