Truk Angkut Beras Tabrak Pelajar hingga Tewas di Depan Lapas Cipinang
Ilustrasi lokasi kecelakaan pelajar tewas di Jakarta Timur/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Insiden kecelakaan terjadi di Jalan Bekasi Timur Raya, Pisangan Timur, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Senin, 12 Februari. Seorang pelajar pengendara motor tewas ditabrak sebuah truk bermuatan beras.

Dari keterangan Darsa (40) salah satu saksi mata kejadian, korban merupakan pelajar SMA yang hendak pergi ke sekolah.

Dia mengetahui kejadian ketika sedang berada di sekitar lokasi untuk bekerja sekitar pukul 07.00 WIB. Darsa melihat truk bermuatan beras itu melintas di Jalan Bekasi Timur Raya, Cipinang Muara, Jatinegara.

"Korban kagok karena tinggi jalannya berbeda, oleng. Jadi terpeleset dan terguling ke kolong truk," kata Darsa kepada wartawan, Senin, 12 Februari.

Kejadian terjadi saat truk beras tengah berputar arus di putaran depan Lapas Cipinang. Kendaraan berpelat G itu hendak menuju Pasar Induk Beras Cipinang di Pulogadung.

Darsa tidak mengetahui pasti posisi motor itu berada, dan ke arah mana korban melaju. Namun, berdasarkan penuturan pengendara motor lainnya yang berhenti saat peristiwa terjadi, motor terpeleset.

Sebab, tinggi jalur Transjakarta atau jalur paling kanan Jalan Bekasi Timur Raya, baik di wilayah Pisangan Timur maupun Cipinang Muara, sama-sama tidak rata. Jalur Transjakarta di dua jalan raya itu lebih tinggi daripada jalan biasa.

"Posisinya, truk di jalur paling kanan karena mau naik ke flyover. Motornya kayaknya kepleset karena jalanan enggak rata. Truknya bermuatan berat, jadinya enggak bisa pakem ngeremnya, jadinya pengendara motor kehantam," katanya.

Saat tergelincir, motor yang dikendarai korban terseret ke depan. Sedangkan korban terguling ke kolong truk yang sedang melaju.

"Orangnya ngegelinding ke kolong. Truknya bermuatan berat, jadi remnya enggak stabil. Motornya nyusruk ke depan, korban keseret ban belakang karena posisi truk lagi jalan," ucapnya.

Akibat kecelakaan, Jalan Bekasi Timur Raya macet sepanjang 3 kilometer hingga ke arah Jatinegara.

"Proses evakuasi langsung ditindak sama Polantas (polisi lalu lintas). Korban dibawa pakai ambulans," katanya.