Polres Blora Jateng Gelar Tes Urine Mendadak, Kapolres: Sebelum Masyarakat, Kami Tertibkan Anggota
Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama mengawasi pelaksanaan tes urine (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Kepolisian Resor (Polres) Blora, Jawa Tengah (Jateng)  menggelar tes urine terhadap anggotanya secara mendadak, Rabu, 24 Februari. 

Tes yang dipimpin langsung Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimasini ini untuk memastikan anggotanya bebas narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba). 

Setelah mengikuti apel pagi di halaman depan Mapolres Blora, semua anggota dilarang meninggalkan tempat apel karena petugas dari Seksi Profesi dan Pengamanan (Propam), Tim Urusan Dokter Kesehatan dan anggota Satresnarkoba mulai mempersiapkan meja, kursi dan peralatan untuk tes urine terhadap anggota.

Menurut Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama, kegiatan tes bebas narkoba kepada anggota merupakan program rutin dalam rangka untuk meningkatkan kedisiplinan anggota.

"Sebelum menertibkan masyarakat, maka kami melakukan penertiban terhadap anggota terlebih dahulu. Apalagi narkoba juga menjadi salah satu atensi dari Kapolri," ujarnya dilansir Antara

Di antaranya, terkait kedisiplinan anggota terkait narkoba menjadi salah satu program Kapolri. Oleh karena itu, Polres Blora melaksanakan tes urine bebas narkoba secara dadakan dan berkala, termasuk terhadap Polsek jajaran juga dilakukan hal serupa.

Dia menegaskan dalam penindakan kasus penyalahgunaan narkoba, tidak akan tebang pilih, baik masyarakat umum ataupun anggota Polri yang terbukti terlibat kasus tersebut akan ditindak dan diproses sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Kami tidak akan menutup-nutupi, jika ada anggota yang terlibat narkoba akan diproses hukum," ujarnya.

Masyarakat Blora juga diingatkan agar tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba karena efeknya sangat berbahaya dan bisa merusak masa depan seseorang.

Kasat Resnarkoba AKP Hartono menambahkan alat tes kit narkoba yang dipakai bisa menunjukkan hasilnya dalam waktu relatif cepat, sehingga ketika ada yang terindikasi positif bisa langsung ditindaklanjuti.

"Hasil tes urine anggota yang terindikasi positif akan dikirimkan ke Laboratorium Forensik untuk ditindaklanjuti," ujarnya.

Dari hasil tes urine terhadap anggota hari ini, 24 Februari tidak ditemukan ada anggota yang terindikasi mengonsumsi narkoba, meskipun pelaksanaannya yang mendadak sempat mengagetkan sejumlah anggota Polres Blora.