Hampir Dua Pekan Kabur, Buronan Interpol Berhasil Dibekuk
Jumpa pers penangkapan DPO Andrew Ayer (Foto: Humas Polri)

Bagikan:

JAKARTA - Polri dan Imigrasi berhasil menangkap buronan Interpol Andrew Ayer alias Andrei Kovalenka. Keberadaanya sempat tak diketahui selama kurang lebih dua pekan kabur dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai.

"Iya benar. Tim dari Mabes Polri, Resmob Polda Bali dan pihak Imigrasi Khusus Kelas I Ngurah Rai sudah menangkap yang bersangkutan," ucap Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono dalam keterangannya, Rabu, 24 Februari.

Buronana Interpol ini, kata Argo, ditangkap di Villa Seminyak II, Jalan Umalas 1, Kuta Utara, pada Rabu, 24 Februari dini hari. Dia tangkap saat bersama kekasihnya, Ekaterina Trubkina yang ikut membantu pelariannya.

"Diamankan bersama pacarnya tanpa melakukan perlawan dilanjutkan membawa DPO tersebut ke kantor Imigrasi," kata Argo.

Sebagai informasi, Andrew Ayer merupakan buron interpol yang masuk dalam red notice. Ia sebelumnya menjalani hukuman pidana di Lapas Kelas IIA Kerobokan karena kasus narkotika.

Setelah masa hukuman pidana berakhir, Andrew Ayer diserahkan ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai pada Rabu, 3 Februari, untuk selanjutnya dikenakan tindakan administrasi keimigrasian pendeportasian dan pengusulan cekal.

Namun, saat akan dipindahkan dari Ruang Detensi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai ke Rumah Detensi Imigrasi Denpasar pada Kamis, 11 Februari, Andrew Ayer menyelinap dan kabur.