Bicara dengan Presiden Putin, PM Netanyahu Kecam Kerja Sama Rusia-Iran
Presiden Putin dan PM Netanyahu. (Wikimedia Commons/Пресс-служба Президента России)

Bagikan:

JAKARTA - Kantor Perdana Menteri Israel mengatakan, Presiden Rusia Vladimir Putin dan PM Benjamin Netanyahu membahas situasi di Jalur Gaza, Palestina saat keduanya berbicara di telepon pada Hari Minggu.

Dalam pernyataannya Kantor Perdana Menteri menyebut, Benjamin Netanyahu menyampaikan kekecewaan terhadap posisi perwakilan Rusia di PBB yang menentang Israel.

"Netanyahu mengecam kerja sama berbahaya Rusia dengan Iran," kata pernyataan itu, melansir TASS 10 Desember.

Perdana Menteri Israel juga menekankan, negara mana pun yang terkena serangan teroris seperti Israel akan bertindak sama kuatnya dengan tindakan Israel, kata kantor tersebut.

Sementara itu, mengutip Reuters, Rusia mendukung resolusi Dewan Keamanan PBB untuk gencatan senjata di Gaza, yang diveto oleh Amerika Serikat pada Hari Jumat pekan lalu.

Kremlin mengatakan, Rusia siap memberikan semua bantuan yang mungkin untuk meringankan penderitaan warga sipil dan mengurangi eskalasi konflik.

"(Presiden) Vladimir Putin menegaskan kembali posisi prinsipnya menolak dan mengutuk terorisme dalam segala bentuknya," kata Kremlin dalam sebuah pernyataan.

"Pada saat yang sama, sangat penting bahwa melawan ancaman teroris tidak menimbulkan konsekuensi yang serius bagi penduduk sipil," lanjut pernyataan itu.

Terpisah, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Hari Minggu mengatakan, misi pemantauan internasional harus dikirim ke Gaza untuk memantau situasi kemanusiaan.