Jika Firli Penuhi Panggilan Dewas KPK Tapi Mangkir Pemeriksaan Polisi, Novel: Jelas Meremehkan Polda Metro
Ketua KPK Firli Bahuri. (Antaranews)

Bagikan:

JAKARTA - Eks penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan buka suara terkait mangkirnya Ketua KPK Firli Bahuri dalam pemeriksaan penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Firli juga absen saat dimintai klarifikasi Dewan Pengawas (Dewas) KPK hari ini.

Baik Polda Metro Jaya maupun Dewas KPK telah menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap Firli. Menurut Novel, ada itikad tidak baik jika pentolan KPK itu memenuhi panggilan Dewas KPK, tapi mangkir panggilan penyidik Polda Metro Jaya.

"Orang hukum pasti tahu bahwa bila ada panggilan dan undangan secara bersamaan, yang wajib dihadiri adalah panggilan. Bila Firli besok tidak hadiri panggilan Polda Metro dan justru hadiri undangan Dewas KPK, jelas itu tidak menghormati/meremehkan penyidik Polda Metro," kata Novel dalam akun media sosial-X-nya, Senin 13 November malam.

Firli sedianya diperiksa Dewas KPK soal dugaan pelanggaran etik pemerasan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo atau SYL hari ini, Senin 13 November.

Namun, Firli meminta agar pemeriksaan Dewas KPK dilakukan di hari yang sama saat Polda Metro Jaya telah menjadwalkan pemeriksaan lanjutan terhadap dirinya dalam kasus dugaan pemerasan terhadap SYL besok Selasa, 14 November.

Terpisah, Anggota Dewas KPK Albertina Ho menegaskan Firli Bahuri tak akan diperiksa besok, Selasa, 14 November. Sebab, pemeriksaan etik soal dugaan pertemuan antara dia dan SYL harusnya dilakukan pada hari ini.

“Pemeriksaan (Firli -,red) hari ini. Apabila tidak hadir akan dijadwal ulang minggu depan,” kata Albertina dalam keterangan tertulisnya, Senin, 13 November.

Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris menambahkan, Firli berkeras bakal hadir memenuhi panggilan pemeriksaan dugaan pelanggaran etik besok. Padahal, surat penjadwalan ulang sudah dikirimkan Dewas KPK sejak Jumat, 10 November.

Penjadwalan ulang lantaran Dewas KPK harus melaksanakan rapat kerja (raker) besok Selasa, 14 November. Maka dari itu pemanggilan Firli dijadwalkan sehari sebelumnya.

“Pak FB tidak hadir minta diperiksa Selasa besok," ujar Syamsuddin saat dikonfirmasi terpisah.