Enggak Fokus dan Membingungkan, Pengacara Donald Trump Tuai Kritik dari Senator Partai Republik
Donald Trump. (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Mayoritas Senat Amerika Serikat (AS) pada Hari Selasa 9 Februari waktu setempat, memilih untuk mengadakan persidangan pemakzulan penuh mantan Presiden Donald Trump. senat mendukung argumen Partai Demokrat, bahwa persidangan diizinkan berdasarkan Konstitusi AS.

Senator AS memberikan suara melanjutkan persidangan pemakzulan Donald Trump dengan tuduhan menghasut serangan mematikan di Capitol, menolak klaim bahwa persidangan itu tidak konstitusional, setelah melihat video grafis dari serangan Januari.

Melansir Reuters, Senat memilih 56-44 untuk melanjutkan persidangannya terhadap mantan presiden, yang pertama dalam sejarah, menolak sebagian besar dari garis partai argumen pengacaranya bahwa seorang presiden tidak dapat menghadapi persidangan setelah meninggalkan Gedung Putih.

Terlepas dari hasil yang diraih, sejumlah Senator Partai Republik mengaku bingung dengan pembukaan dari pengacara yang dipilih Donald Trump, yang disebut tidak fokus dan bertele-tele. 

Pengacara Donald Trump, Bruce Castor menyampaikan pembelaan awal yang aneh, menyentuh tentang kebebasan berbicara dan sifat pemakzulan yang partisan. Tetapi jarang konstitusionalitas melakukannya setelah administrasi.

"Tim Presiden Trump tidak terorganisir," kata Senator Partai Republik Bill Cassidy yang memilih untuk mendukung sidang pemakzulan sesuai dengan Konstitusi AS bersama Partai Demokrat, melansir huffpost.

"Jika saya adalah anggota juri yang tidak memihak, dan satu pihak melakukan pekerjaan dengan baik, sementara pihak lain melakukan pekerjaan yang buruk pada masalah yang sedang dihadapi. Sebagai anggota juri yang tidak memihak, saya akan memilih pihak yang melakukan kerja bagus," imbuhnya. 

Bahkan Senator Lindsey Graham yang merupakan seorang pembela setia Trump selama pemerintahannya, juga mengaku kebingungan dengan apa yang dilakukan oleh pengacara Donald Trump, dengan mengatakan tidak tahu kemana tujuan (penjelasan) Castor.

Senada dengan Cassidy dan Graham, sejumlah Senator Partai Republik lainnya juga bingung dengan penjelasan Bruce Castor. Bahkan di antara mereka ada yang menilai apa yang dilakukan Castor percuma.  

“Saya pikir pengacara presiden, pengacara pertama, hanya mengoceh terus-menerus dan tidak benar-benar membahas argumen konstitusional. Saya telah melihat banyak pengacara dan banyak argumen dan itu bukan salah satu yang terbaik yang pernah saya lihat,” kata Senator John Cornyn.

"Saya bingung dengan pengacara pertama, yang tampaknya tidak membuat argumen sama sekali, yang merupakan pendekatan yang tidak biasa untuk diambil," kata Senator Susan Collins.

"Saya benar-benar tercengang melihat pengacara pertama yang mewakili mantan Presiden Trump. Saya tidak tahu ke mana dia akan pergi, menghabiskan 45 menit pergi ke suatu tempat. Tapi menurut saya, dia tidak membantu kami lebih memahami dari mana asalnya dalam konstitusionalitas," kata Senator Lisa Murkowski.

Usai pemungutan suara, Bruce Castor mengatakan tidak akan mengubah apa pun pada strateginya di persidangan, kendati mendapat kritik tajam pada sidang perdana. 

"Tidak, saya buat garis besarnya seminggu lalu dan itu tidak akan berubah," singkatnya.

Trump sendiri dikabarkan bingung dan frustasi dengan pihak pembela. The New York Times melaporkan, Trump terkejut karena Castor memuji kasus Demokrat dalam pidato awalnya, seperti yang dilaporkan oleh CNN