Demi Piala Dunia U-17, Jakpro Anggarkan Pengadaan Lampu <i>Growlight</i> Rp14,9 Miliar
Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara. (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menganggarkan Rp14,9 miliar dalam pengadaan unit growlight atau lighting grass growth untuk rumput di lapangan Jakarta International Stadium (JIS) jelang pelaksanaan Piala Dunia U-17.

Hal ini terungkap dalam situs resmi pengadaan Jakpro http://eproc.jakarta-propertindo.com/. Disebutkan bahwa Jakpro tengah membuka tender proyek pengadaan unit growlight lapangan utama JIS Rp14,9 miliar.

Direktur Utama PT Jakpro Iwan Takwin menjelaskan pengadaan unit growlight dilakukan Jakpro untuk membantu proses pertumbuhan rumput di lapangan JIS.

Mengingat, teknologi lampu sinar ultraviolet dalam alat tersebut bisa membantu merawat rumput pada cuaca yang tidak menentu.

"Growlight sangat diperlukan untuk mendukung operational sustainability performa lapangan rumput di JIS dengan intensitas pertandingan yg tinggi," kata Iwan kepada wartawan, Kamis, 5 Oktober.

Adapun, nilai proyek pengadaan growlighting ini lebih besar dari biaya penggantian rumput JIS yang diwacanakan memakan biaya Rp6 miliar.

Meski lebih mahal dari penggantian rumput, Iwan menegaskan growlighting tetap dibutuhkan untuk proses perawatan rumput jangka panjang.

"Alat Growlight ini merupakan kebutuhan investasi jangka panjang utk equipment tambahan perawatan rumput di JIS," urai Iwan.

"Bahwa penggantian rumput dan growlight merupakan dua hal yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan lapangan dengan kualitas yang prima sesuai standar FIFA," lanjutnya.

Saat ini, stadion berkelas internasional di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, dinyatakan ditutup sementara untuk umum hingga 1 Desember 2023.

Penutupan JIS dilakukan untuk menyempurnakan persiapan stadion ini sebagai venue pertandingan beberapa tim seperti jadwal yang telah ditetapkan.

Piala Dunia U-17 sendiri dijadwalkan berlangsung di empat stadion di Indonesia, yakni Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, dan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya mulai 10 November hingga 2 Desember 2023.

JIS bakal dijadikan tempat pertandingan-pertandingan Grup C (Brasil, Inggris, Iran, Kaledonia Baru) dan E (Prancis, Korea Selatan, Amerika Serikat, Burkina Faso).

Selain penyisihan grup, JIS juga akan digunakan untuk dua pertandingan babak 16 besar dan dua pertandingan perempat final. Oleh karena itu, kans Indonesia main di venue ini terbuka apabila bisa ke babak gugur.