Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan kesiapan sejumlah stadion dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-17 yang sedang diusahakan pemerintah Indonesia untuk digelar di Tanah Air.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, stadion-stadion yang tadinya disiapkan untuk pertandingan Piala Dunia U-20 2023 sudah di-upgrade mengikuti standar Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dan telah selesai pada 31 Maret 2023.

"Sebetulnya kalau yang stadionnya sudah selesai 100 persen pada 31 Maret, sudah ditinjau oleh FIFA dan oke, itu, kan, semua ada 20 stadion dan lima stadion utama," ujar Basuki kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 4 April.

Basuki menyebut, Indonesia kini sudah memiliki 20 stadion utama yang beberapa di antaranya direncanakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 dan yang lainnya juga pernah digunakan untuk penyelenggaraan Asean Games 2018.

Menurut dia, lantaran hanya ada enam stadion yang dipersiapkan untuk pertandingan Piala Dunia U-20, maka pemerintah hanya meng-upgrade sejumlah fasilitas dengan anggaran Rp155 miliar, agar sesuai dengan standar FIFA.

"Anggarannya cuman Rp155 miliar dan sudah selesai semua, karena mungkin tambahan lampu, perbaikan rumput, perbaikan pagarnya, sudah selesai 31 Maret dan sudah ditinjau oleh FIFA," ujarnya.

Dengan demikian, lanjut Basuki, Kementerian PUPR memastikan bahwa stadion-stadion di Tanah Air siap digunakan, apabila Indonesia nantinya terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

"Menurut saya, untuk U-17 sangat oke, kecuali dipakai untuk Blackpink lagi. Insyaallah aman," pungkasnya.

Sebelumnya, FIFA telah membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 imbas penolakan terhadap Timnas Israel oleh sejumlah pihak.

FIFA sendiri telah memilih Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 sejak 2019 dan seharusnya digelar pada 2021 lalu. Namun, penyelenggaraan tersebut harus ditunda lantaran pandemi COVID-19 dan baru bisa dilaksanakan pada 2023.

Piala Dunia U-20 sedianya akan digelar pada 20 Mei-11 Juni 2023 di sejumlah venue yang telah ditentukan di sejumlah daerah Indonesia.

Adapun Piala Dunia U-17 dijadwalkan akan berlangsung pada 10 November-2 Desember 2023, tetapi Biro Dewan FIFA sekarang akan menunjuk tuan rumah baru pada waktunya.