9 Negara yang Pernah Kena Sanksi FIFA, Seberat Apa Hukumannya?
Presiden FIFA, Gianni Infantino (Tengah). (Foto: Twitter/@FIFAcom)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Indonesia dengan resiko tinggi terancam sanksi FIFA buntut dari dicabutnya status sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Sanksi dari FIFA tentunya akan merugikan sepak bola di dalam negeri, baik eksistensinya di kancah internasional maupun karier pemainnya. Pengalaman pahit ini juga dirasakan oleh beberapa negara yang pernah terkena sanksi FIFA. 

Ketum PSSI Erick Thohir bertandang ke Eropa untuk bernegosiasi terkait kemungkinan sanksi FIFA yang diterima Indonesia. Sebelumnya pada tahun 2015, Indonesia pernah diganjar sanksi dari FIFA karena adanya dualisme dalam PSSI dan intervensi dari pemerintah. Banyak pihak yang menilai bahwa sanksi sanksi FIFA kepada Indonesia kali ini bakal lebih berat dibanding tahun 2015 lalu. 

Berkaca dari rekam jejak dunia sepak bola internasional, ada sembilan negara yang pernah kena sanksi FIFA. Sejumlah negara yang dikenai sanksi FIFA karena disebabkan oleh faktor politik dan lainnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan sepak bola. 

Daftar Negara yang Pernah Kena Sanksi FIFA

  • Rusia

Rusia menjadi negara terakhir hingga saat ini yang pernah mendapat sanksi dari FIFA. Invasi Rusia terhadap Ukraina menjadi penyebab FIFA dan UEFA mencabut izin seluruh klub sepak bola Rusia dan timnasnya. 

Berbagai negara besar Eropa seperti Inggris, Swedia, dan Polandia dengan keras menolak bertanding melawan Rusia. FIFA pun mengganjar hukuman timnas sepak bola Rusia dilarang tampil di gelaran piala dunia. Klub Spartak Moscow juga tidak bisa mengikuti kompetisi di Europa League. 

  • Kenya

Negara Kenya mendapat sanksi dari FIFA pada tahun 2022. Hukuman diberikan karena adanya intervensi yang dilakukan Komisi Olahraga dan Rekreasi (SRC) kepada Asosiasi Sepak Bola Zimbabwe terkait tuduhan pelanggaran seksual. Sanksi yang diterima Zimbabwe tersebut masih berlaku hingga sekarang.

  • Pakistan

Pada tahun 2017, FIFA menjatuhkan sanksi kepada Pakistan. Negara Asia ini harus menerima hukuman dari fifa karena disebabkan oleh pihak ketiga. Kasus bergulir setelah kantor dan akun Federasi Sepak Bola Pakistan (PFF) yang berada di bawah kendali administrator, yang ditunjuk menghadap ke pengadilan FIFA.

Hukuman terhadap Pakistan tersebut akhirnya dicabut oleh FIFA pada tahun 2018. Namun FIFA kembali mengganjar sanksi kepada Pakistan setelah sebuah kelompok mengambil alih markas federasi dari Komite Normalisasi. Hukuman yang diterima Pakistan baru dibebaskan pada tahun 2022. 

  • Kuwait

Kuwait pernah mendapat sanksi dari FIFA pada tahun 2016. Sanksi diberikan kepada sepak bola Kuwait lantaran adanya intervensi dari pemerintah. Akibat hukuman tersebut, Kuwait tidak bisa tampil dalam laga pertandingan melawan Myanmar di babak kualifikasi Piala Dunia 2018. 

  • Guatemala

Pada tahun 2016, Guatemala mendapat hukuman dari FIFA. Sanksi diberikan setelah komite transisi yang dibentuk tidak diakui petinggi Federasi Sepak Bola Guatemala. Pembentukan tersebut dinilai melanggar peraturan badan pengatur negara. FIFA mencabut sanksi terhadap sepak bola Guatemala pada tahun 2018. 

  • Indonesia

Sepak bola Indonesia pernah punya catatan buruk sebagai negara yang pernah kena sanksi FIFA pada tahun 2015. Timnas Indonesia dilarang mengikuti kualifikasi Piala Dunia 2018 dan Piala Asia 2019, meskipun pada akhirnya larangan tersebut dicabut pada tahun 2016. Alasan FIFA menjatuhi sanksi kepada Indonesia karena adanya campur tangan pemerintah dalam dualisme dalam tubuh PSSI. 

  • Myanmar

Pada tahun 2011, FIFA mengganjar sanksi kepada sepak bola Myanmar. Hukuman diberikan karena fans Myanmar bertindak anarkis pada pertandingan Myanmar melawan Oman di babak kualifikasi Piala Asia. Akibat kericuhan tersebut, laga pun dihentikan dan Oman dinyatakan sebagai pemenang. Myanmar pun dilarang mengikuti turnamen yang sama tahun 2018. 

  • Irak

Irak menjadi negara yang pernah dua kali menerima sanksi dari FIFA. Pada tahun 2008 menjelang kualifikasi Piala Dunia 2010 melawan Australia, FIFA membekukan sepak bola Irak. Sanksi diberikan karena pemerintah Irak membubarkan Komite Olimpiade Nasional dan federasi olahraga nasional. 

Sanksi kedua Irak diterima pada tahun 2009. FIFA menilai keputusan pemerintah Irak membubarkan Komite Olimpiade karena adanya campur tangan pemerintah. Hukuman yang diganjarkan kepada Irak baru dicabut pada tahun 2010. 

  • Meksiko

Jauh pada tahun 1990, Meksiko pernah mendapatkan sanksi dari FIFA. Meksiko harus menanggung hukuman tidak bisa mengikuti gelaran Piala Dunia 1990 di Italia. FIFA harus menjatuhkan sanksi karena Meksiko diketahui memainkan empat pemain senior dalam babak kualifikasi World Youth Championship 1989.

Itulah daftar negara yang pernah kena sanksi FIFA. Masyarakat Indonesia berharap agar sanksi yang diberikan oleh FIFA tidak memberatkan. Presiden Jokowi meminta Erick Thohir untuk berkomunikasi secara intens dengan FIFA terkait kemungkinan sanksi yang diterima.. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.