Demi Piala Dunia U-17, Heru Budi Sebut Akses Parkir dan Jalan di JIS Bakal Ditambah
Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut kantong parkir di Jakarta International Stadium (JIS) bakal ditambah. Saat ini, JIS hanya memiliki kapasitas parkir sekitar 1.200 kendaraan. Sementara, stadion tersebut berkapasitas 82.000 penonton.

Masalah infrastruktur di JIS kembali jadi perhatian lantaran Indonesia bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Heru nampaknya ingin Piala Dunia tetap digelar di Jakarta meskipun Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tak bisa digunakan nanti. JIS pun menjadi opsi venue pengganti.

"Iya nanti (kapasitas parkir) ditambah. Nanti ninjau dulu," kata Heru saat ditemui di kawasan Monumen Nasional, Minggu, 2 Juli.

Selain itu, Heru menyebut perbaikan akses JIS juga akan dilakukan dengan penambahan jalan baru sebagai akses keluarnya. Selama ini, akses keluar-masuk JIS yang dibuka hanya melewati Jalan Sunter Permai Raya.

"Nanti bikin jalur keluar ke sisi arah Jembatan Ketel," ungkapnya.

Mengingat JIS sudah menjadi perhatian pemerintah pusat, Heru mengaku dirinya dan para menteri terkait akan meninjau JIS dengan para menteri untuk melihat langsung rencana perbaikan akses stadion peninggalan Anies Baswedan saat menjabat Gubernur Jakarta periode 2017-2022 tersebut.

"Nanti mau ninjau lapangan dengan beberapa menteri. Nunggu waktu Pak Menteri BUMN (Erick Thohir)," tuturnya.

Indonesia ditetapkan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 yang digelar 10 November hingga 2 Desember tahun ini. Namun, di saat yang sama, Stadion Utama Gelora Bung Karno telah dijadwalkan menjadi lokasi konser Coldplay, tepatnya pada 15 November 2023.

Presiden Joko Widodo menyebut lokasi penyelenggaraan sepak bola Piala Dunia U-17 2023 bisa digelar di lokasi lain karena stadion Indonesia bukan hanya di GBK. Munculnya JIS sebagai opsi pelokasi penyelenggaraan FIFA U-17 World Cup 2023 pun diungkap Jokowi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan sejumlah hal krusial terkait Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir terkait kesiapan dan evaluasi JIS untuk Piala Dunia U-17 pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Menurut Basuki, hal yang krusial terkait stadion JIS adalah akses dan parkir. Pengalaman konser musik Dewa 19 di JIS sebelumnya menunjukkan penonton konser mengalami kesulitan saat pulang dari JIS.

"Nanti akan kami evaluasi dulu. Saya mau koordinasi dulu dengan Ketum PSSI Erick Thohir," ujarnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan rencana perbaikian Jakarta International Stadium (JIS) akan menggunakan anggaran dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sementara pemerintah pusat hanya sebatas mengasistensi teknisnya saja.

"Kalau JIS sementara dari DKI. Tinggal kita asistensi teknisnya," tandasnya.