Stadion untuk Piala Dunia FIFA U-17 2023 Siap Pakai 100 Persen
Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur/INSTAGRAM @gelorabungtomo

Bagikan:

JAKARTA – Renovasi empat stadion yang akan digunakan untuk menggelar pertandingan Piala Dunia FIFA U-17 2023 sudah selesai. Venue pertandingan 100 persen siap digunakan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Indonesia sekarang sudah siap menyongsong perhelatan akbar tersebut.

"Semua penyiapan stadion untuk Piala Dunia U-17 sudah selesai. Semua sudah siap dimanfaatkan," ujar Basuki di Jakarta, Selasa, 31 Oktober 2023.

Piala Dunia U-17 2023 akan dimulai 10 November sampai 2 Desember terdekat. Pembukaan kompetisi tersebut akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Stadion tersebut akan menjadi kandang Timnas Indonesia U-17 di babak penyisihan Grup A. Di babak grup, Pasukan Garuda akan melawan Ekuador, Panama, dan Maroko.

Tiga stadion lainnya yang menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-17 adalah Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), dan Stadion Manahan (Solo).

Ketua Umum PSSI Erick Thohir sebelumnya juga sudah memastikan bahwa Stadion GBT sudah mencapai kelayakan 100 persen untuk menggelar Piala Dunia U-17.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Local Organizing Committee (LOC) Piala Dunia U-17 tersebut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung dan bekerja dengan maksimal.

"Saya ucapkan terima kasih atas dukungan dari Wali Kota Surabaya, Menteri PUPR, Pemerintah Pusat, Menpora, dan tentu rekan-rekan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PLN dan Telkom," ucap kata dia.

Indonesia menjadi tuan rumah ajang ini setelah Peru dicoret FIFA lantaran tidak siap. Sebanyak 23 negara akan datang ke Indonesia untuk memperebutkan gelar juara.