9 Fasilitas Kereta Suite Class Compartment yang Akan Manjakan Penumpang
Ilustrasi fasilitas kereta Suite Class Compartment (KAI)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Fasilitas kereta Suite Class Compartment menarik untuk dibahas. Pasalnya, penumpang yang menggunakan Suite Class Compartment akan merasakan beberapa fasilitas mewah yang ada pada kereta api tersebut.

Seperti diketahui, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI bakal merilis kereta api Suite Class Compartment. Kereta baru itu dibuat dengan memadukan teknologi yang canggih dengan fasilitas yang mewah di satu kompartemen eksklusif.

Fasilitas Kereta Suite Class Compartment

Dalam situs resmi PT KAI, Kereta Suite Class Compartment adalah inovasi yang baru yang futuristik. Ada beberapa fasilitas yang tersedia yakni sebagai berikut.

1. Desain Mewah

Desain kereta Suite Class Compartment mengusung tema minimalis luxury berwarna hangat seperti cokelat dan gold. Sedangkan pada lorong kereta terdapat desain motif bulat-bulat.

2. Privasi Terjaga

Kereta Suite Class Compartment terdiri dari 16 kompartemen mengutamakan privasi penumpang selama menempuh perjalanan karena terdiri dari kamar-kamar. Dengan begitu penumpang tidak terganggu dengan kegiatan penumpang lain selama perjalanan.

Dalam video yang diunggah oleh KAI di media sosial Instagram, fasilitas kereta Suite Class Compartment mirip dengan Kereta Api Sleeper Luxury dan Sleeper Class yang diterapkan di moda transportasi bus double decker. Setiap kompartemen dibuat untuk satu penumpang sehingga privasi dan ketenangan lebih terjaga tanpa gangguan dari penumpang lain.

3. Kursi yang Nyaman

Kursi elektrik yang disediakan bisa dikustomisasi menyesuaikan kebutuhan penumpang. Kursi tersebut dapat diatur ke mode rebah hingga 140 derajat secara elektrik. Bahkan penumpang dapat mengatur pencahayaan, pendingin udara. Posisi kursi dapat disesuaikan dengan arah perjalanan sehingga tidak membelakangi arah tujuan.

4. Train Attendance Button

Penumpang bisa memanggil petugas saat membutuhkan bantuan dengan cara menekan call button. Dengan begitu penumpang tak perlu melambai atau memanggil pramugara dan pramugari yang bertugas selama perjalanan kereta api.

5. Fasilitas Tambahan

Dalam perjalanan, Pramugara dan Pramugari memberikan layanan berupa bantal, selimut, headset dan hot towel. Bahkan penumpang juga mendapat sajian mulai dari appetizer, main course, dessert dengan berbagai pilihan minuman.

6. Foldable Food Tray

Saat makan dan minum, penumpang bisa menggunakan meja lipat yang tersedia. Meja juga bisa digunakan untuk menunjang kegiatan lain seperti bekerja menggunakan laptop atau menulis dengan pena dan kertas.

7. Fasilitas Hiburan

Tiap kompartemen terdapat fasilitas hiburan berupa televisi dan sistem hiburan pribadi yang dapat dinikmati kapan saja untuk mengisi waktu luang selama perjalanan.

8. WiFi dan Sumber Listrik

Penumpang akan mendapatkan akses internet gratis selama perjalanan dilakukan. Selain itu tersedia pula colokan listrik yang dapat digunakan untuk mengisi daya ponsel atau laptop.

9. Pintu Otomatis

Pintu kompartemen bisa digeser secara otomatis. Hal itu makin memudahkan penumpang saat akan masuk dan keluar.

Seperti diketahui, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengunggah video yang menunjukkan kereta mewah bernama Suite Class Kompartemen di Instagram mereka. Meski demikian belum ada informasi pasti kapan kereta dengan fasilitas mewah itu akan diluncurkan. Di laman resmi KAI sendiri tersedia pop up hitung mundur peluncuran kereta. Jika merujuk pada pop up tersebut kemungkinan peluncuran kereta Suite Class Kompartemen akan dilakukan pada Jumat, 6 Oktober 2023.

Selain terkait fasilitas kereta Suite Class Compartment, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.