Mulai Besok, Penumpang KA Bima Relasi Gambir-Surabaya Gubeng Bisa Coba Kereta Makan Nuansa <i>Suite Class</i>
PT KAI menghadirkan Kereta Makan bernuansa Suite Class yang dirangkaikan pada KA Bima relasi Gambir - Surabaya Gubeng. (Foto: Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan Kereta Makan bernuansa Suite Class yang dirangkaikan pada KA Bima relasi Gambir-Surabaya Gubeng pp. Kereta makan ini sudah bisa dicoba mulai Sabtu, 4 November 2023.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, KAI juga akan menghadirkan kereta makan sejenis untuk KA Argo Semeru relasi Gambir-Surabaya Gubeng pp.

Kereta ini ditargetkan akan dioperasikan pada bulan Desember 2023.

Joni mengatakan, Kereta Makan bernuansa Suite Class akan menggantikan kereta makan yang sebelumnya dirangkaikan pada KA Bima dan KA Argo Semeru.

Lebih lanjut, Joni mengatakan, desain Kereta Makan tersebut dibuat menyerupai Kereta Suite Class Compartment.

Sehingga seluruh pelanggan KA Bima dan KA Argo Semeru nantinya dapat menikmati hidangan di kereta makan dengan nuansa yang lebih mewah.

“Hadirnya Kereta Makan bernuansa Suite Class ini bertujuan untuk meningkatkan layanan terhadap pelanggan KA Bima dan KA Argo Semeru. Baik pelanggan Kereta Suite Class Compartment maupun kereta kelas eksekutif dapat menikmati kereta makan baru ini,” katanya di Jakarta, Jumat, 3 November.

Usung Tema Alam dan Kearifan Budaya Nasional

Joni mengatakan desain kereta makan pada kedua kereta tersebut mengusung tema Nature with Harmony dengan memadukan warna dan motif alam dengan kearifan budaya nasional.

Lebih lanjut, dia menjelaskan pada interior kereta, dinding lorong Kereta Makan bernuansa Suite Class menggunakan motif lingkar Borobudur dengan sudut pandang dari atas yang terangkai, menggunakan warna toska. Warna toska mencerminkan alam yang terdiri dari warna hijau bumi dan warna biru laut samudera, yang memberikan kesan sejuk.

“Filosofi motif Borobudur mencerminkan konsep kosmos dengan struktur dan tata letaknya yang melambangkan alam dan perjalanan menuju pencerahan/kejayaan, dengan pondasi yang kuat dan kokoh menjaga kestabilannya,” jelasnya.

Di bagian plafon, sambung Joni, Kereta Makan bernuansa Suite Class menggunakan ukiran Perisai Talawang dari material kayu dengan motif Burung Enggang yang dianggap suci dan gagah, memiliki filosofi perlindungan diri sekaligus menumbuhkan keberanian dan tekad keras memperjuangkan cita-cita.

Adapun pada ornamen lantai, menggunakan material tahan air dan ramah lingkungan dengan motif kayu.

Joni mengatakan, fasilitas-fasilitas yang tersedia juga turut diperbarui, seperti sofa yang lebih empuk dan nyaman, musala yang lebih mewah dan dilengkapi dengan tempat wudu, display menu, area pemesanan yang lebih apik, serta peralatan masak yang serba modern dan baru.

“Kereta Makan bernuansa Suite Class tersebut merupakan hasil modifikasi KAI di Balai Yasa Manggarai dengan masa pengerjaan 45 hari kerja. Ke depan, KAI akan menambah fitur baru khusus bagi pelanggan Kereta Suite Class Compartment yakni pemesanan menu makanan melalui Video on Demand (VOD) di kompartemen masing-masing, sehingga pelayanannya akan semakin eksklusif,” kata Joni.

Sejak diresmikan pada 10 Oktober 2023, masyarakat sangat antusias menggunakan Kereta Suite Class Compartment.

Pada periode 10 Oktober sampai dengan 2 November 2023, terdapat total 1.798 pelangan Kereta Suite Class Compartment.

Rinciannya, pelanggan Kereta Suite Class Compartment pada KA Bima sebanyak 799 orang, dan KA Argo Semeru 999 pelanggan.

“Diharapkan dengan hadirnya Kereta Makan bernuansa Suite Class ini, minat masyarakat untuk bertransportasi menggunakan transportasi massal kereta api semakin tinggi," tutup Joni.