KAI Luncurkan Kereta Suite Class Compartment, Simak Jadwal Keberangkatan dan Harga Tiketnya
Peluncuran kereta suite class compartement (Foto: Dok. KAI)

Bagikan:

YOGYAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) baru saja meluncurkan layanan kereta api ‘sultan’ alias Kereta Suite Class Compartment. Peluncuran kereta ini dilakukan di Stasiun Gambir, Jakarta pada Selasa, 10 Oktober 2023. Simak jadwal keberangkatan, fasilitas dan harga tiketnya.

Jadwal Keberangkatan Kereta Suite Class Compartment

Sebagai informasi, Kereta Suite Class Compartment dirangkaikan pada KA Bima relasi Gambir – Surabaya Gubeng pp. Oleh sebab itu, jadwal keberangkatannya akan mengikuti jadwal keberangkatan KA Bima.

Bagi masyarakat yang ingin menjajal layanan ini, KA Bima menyediakan jadwal keberangkatan di sore hari pada pukul 17.00 WIB dari Stasiun Gambir, Jakarta dan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pukul 03.30 WIB.

Sementara untuk arah sebaliknya berangkat dari Surabaya Gubeng pukul 19.20 WIB, tiba di Gambir pukul 06.00 WIB.

Selain dirangkaikan pada KA Bima, layanan kereta ‘sultan’ juga ada di KA Argo Semeru selasi Gambir – Surabaya Gubeng pp.

KA Argo Semeru menyediakan jadwal keberangkatan di pagi hari lewat Stasiun Gambir pukul 06.20 WIB, tiba di Surabaya Gubeng pukul 16.50 WIB.

Untuk arah sebaliknya, berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng pukul 09.05 WIB, tiba di Gambir pukul 19.40 WIB.

Fasilitas Kereta Suite Class Compartment

Direktur Utama KAI Didiek Hartyanto menyampaikan, Kereta Suite Class Compartment didesain untuk privasi pelanggan secara maksimal. Dalam satu kereta, terdapat 16 ruang privat untuk masing-masing pelanggan. Di tiap ruangan tersebut, telah terpasang pintu geser yang bisa digerakkan secara otomatis.

Desain ruangannya didominasi oleh warna coklat keemasan dengan pencahayaan temaram guna memberikan kenyamanan untuk pelanggan.  

Tak hanya itu, kereta Suit Class Compartement juga dihiasi dengan dekorasi yang terinspirasi dari suku Dayak.

Adapun kursinya bisa direbahkan (reclining) hingga 180 derajat sehingga dapat difungsikan sebagai tempat tidur. Kursi tersebut juga bisa diputar (revolving) sehingga penumpang bisa menyesuaikan dengan arah perjalanan kereta api.

Selain itu, sudut kemiringan sandaran kepala, kaki dan badan, serta tingkat kehangatan dari kursi ini juga bisa diatur.

Kursi Kereta Suite Class Compartment memiliki fitur pijat yang bisa disetel untuk berbagai teknik pijatan. Pada kursi ini juga ada baki lipat yang bisa difungsikan untuk meja makan atau meja kerja.

Di bagian dekat jendela terdapat Train Onboard Infotainment System berisi aneka film populer, musik dengan berbagai genre, hingga kanal televise nasional yang bisa dinikmati penumpang sepanjang perjalanan. Pelanggan juga akan dimanjakan dengan layanan makanan berupa hidangan pembuka, hidangan utama, hidangan penutup, serta aneka minuman dan berbagai layanan spesial lainnya.

"Melalui hadirnya Kereta Suite Class Compartment, KAI ingin menciptakan customer experience yang exceptional dan extraordinary guna meningkatkan kualitas pelayanan lebih baik. New customer experience yang sifatnya pengalaman pribadi dan privasi yang penuh dengan kemewahan," ujar Didik dalam keterangannya, dikutip VOI, Rabu, 11 Oktober 2023.

Harga Tiket Kereta Suite Class Compartment

Didiek menuturkan, Kereta Suite Class Compartment dihadirkan untuk menggaet pangsa pasar masyarakat ekonomi kelas atas.

Pada tahap awal, PT KAI memberikan tarif promo Kereta Suite Class Compartment Rp1,95 juta per orang untuk periode 10-31 Oktober 2023.

“Kami optimis kehadiran Kereta Suite Class Compartment akan mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat dan menjadi pilihan utama bagi pelanggan yang melakukan perjalanan jarak jauh dengan nuansa kemewahan,” kata Didiek.

Demikian informasi tentang Kereta Suite Class Compartment. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.