Diminta Uji Kualitas Roda LRT Jabodebek, Ini Kata Menperin Agus Gumiwang
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) diminta memeriksa dan melakukan uji kualitas roda light rail transit (LRT) yang dianggap tidak memenuhi standar produk.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, produk dalam negeri masih berproses menuju barang berkualitas baik.

"Begini, kan, proses menuju kepada produk nasional itu (memerlukan waktu) untuk bisa mendekati sempurna. Dulu, tahun 70-an negara Jepang juga enggak bisa langsung produksi sesuatu yang sempurna (perfect) dan tahan lama kualitasnya itu kan ada proses," kata Menperin Agus saat ditemui VOI di kantornya, Kamis, 2 November.

Agus mengatakan, produk Indonesia harus diberikan kesempatan untuk bisa menjadi tuan rumah di negara sendiri.

"Ya, berikan kesempatan lah kepada Indonesia untuk bisa menjalani proses itu, jangan terus dipotong gitu prosesnya. Kasih kesempatan lah, kan lagi berupaya," ujarnya.

Agus menilai, ketika proses menuju kualitas yang baik tersebut dipotong, nantinya Indonesia hanya akan bergantung kepada impor.

"Terus ujung-ujungnya pakai impor, narasi-narasi yang dibangun sedemikian rupa. Industri dalam negeri tidak siap, industri dalam negeri kualitasnya jelek. Itu menggampangkan, tapi tidak mengembangkan struktur industri, tidak ada nilai tambah," pungkasnya.

Diketahui, anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto mengkritik kualitas kepingan roda LRT buatan PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA mengalami keausan setelah dua bulan beroperasi.

Mulyanto pun meminta Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian BUMN untuk menegur keras perusahaan plat merah tersebut.