19 Trainset LRT Jabodebek Selesai Jalani Perawatan Bubut Roda
LRT Jabodebek (Foto: dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Perawatan bubut roda terhadap 19 trainset atau rangkaian kereta LRT Jabodebek selesai dilakukan. Adapun perawatan tersebut dilakukan akibat roda aus pada Oktober tahun lalu.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengatakan perawatan bubut roda ini sudah selesai dilakukan per 14 Januari lalu.

“Sudah selesai (perawatan bubut roda), 19 trainset,” katanya kepada VOI, Rabu, 17 Januari.

Mahendro menjelaskan dari total 31 trainset LRT Jabodebek, yang dioperasikan saat ini jumlahnya adalah 16 trainset. Lalu, ada 7 trainset cadangan yang siap dioperasikan.

Selain itu, Mahendro bilang ada dua trainset yang masih menjalani proses perbaikan di PT INKA pasca kecelakaan yang terjadi pada Oktober 2021.

“Untuk yang dioperasikan tetap 16 trainset sekarang. Cadangan ada 7 trainset. Masih ada 2 trainset yang dalam perbaikan di INKA,” jelasnya.

Mahendro juga mengungkap bahwa ada 6 trainset LRT Jabodebek yang sedang menjalani perawatan. Namun, dia menekankan bukan karena roda aus.

“Yang 6 itu sedang menjalani perawatan rutin, bukan karena roda aus,” tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya bersama operator akan melakukan pergantian roda LRT Jabodebek. Pergantian roda ini merupakan rencana jangka menengah yang disiapkan terkait dengan permasalah roda aus yang dialami LRT Jabodebek.

Sekadar informasi, permasalahan kondisi aus pada roda LRT Jabodebek telah dilakukan penanganan. Caranya dengan pembubutan roda dan memperhalus profil permukaan serta memberi cairan lubricant pada rel LRT Jabodebek.

“Tapi jangka menengah kita akan melakukan pergantian roda dan juga perbaikan-perbaikan rel,” katanya usai Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI, di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 21 November.