Renovasi JIS, Kementerian PUPR Guyur Rp80 Miliar untuk Bangun JPO
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Foto: Theresia Agatha/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengalokasikan anggaran sekitar Rp80 miliar untuk membangun jembatan penyebrangan orang (JPO) yang menghubungkan Jakarta International Stadium (JIS) dengan Ancol.

"Kalau Kementerian PUPR tadi hanya (mengerjakan) JPO, toh. Nah, kalau JPO- nya sendiri 430 meter itu setahu saya Rp80 miliar," ujar Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja di Jakarta, pada Rabu, 9 Agustus.

Endra menjelaskan, anggaran untuk pembangunan JPO memang yang paling besar dibandingkan renovasi stadion lainnya.

"Kan, yang lain (perbaikan stadion) hanya perbaikan minor, tetapi yang paling besar (anggarannya) untuk JPO," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, JIS perlu dilakukan sejumlah perbaikan menjelang ajang Piala Dunia U-17 2023.

Perbaikan itu, mulai dari pitch stitching atau penjahitan rumput hingga pembangunan akses menuju stadion. Tugas renovasi ini digarap Pemprov DKI Jakarta melalui Jakpro dan Kementerian PUPR.

Basuki menjelaskan, Pemprov DKI menggarap area dalam stadion, seperti rumput dan akses di dalam stadion. Termasuk, menggarap akses jalan di sekitar Danau Cincin sehingga dari ramp tol bisa menyusur untuk dapat menuju JIS. Sementara, Kementerian PUPR, lanjut dia, menggarap akses jalan di luar menuju stadion.

Dalam perhelatan Piala Dunia U-17, ada empat stadion yang ditunjuk. Selain JIS, tiga stadion lainnya adalah Si Jalak Harupat (SJH) Bandung, Manahan Solo, dan Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.