Soal Renovasi JIS, Menteri Basuki: Diputuskan Besok
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri). Foto: Theresia Agatha/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono buka suara terkait tindak lanjut renovasi Jakarta International Stadium (JIS). Dia menyebut, hasilnya akan diputuskan esok hari, Rabu, 9 Agustus.

"Besok (akan dirapatkan), biar clear semua," ujar Basuki kepada wartawan di Bogor, Jawa Barat, Selasa, 8 Agustus.

Basuki mengatakan, ada sejumlah pihak terkait yang akan diundang untuk membahas hal tersebut, yakni Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta.

Kemudian, ada Gubernur Jawa Barat, Wali Kota Jakarta Utara, dan Bupati Bandung.

"Kami undang (mereka) rencana jam 11.00 WIB di Gedung Kementerian PUPR," ujar Basuki.

Dalam hal ini, Kementerian PUPR akan mengerjakan jembatan penyebrangan orang (JPO) yang menghubungkan JIS dan kawasan Ancol sepanjang 450 meter (m), sehingga bisa menjadi alternatif dari dan menuju JIS.

Diberitakan sebelumnya, Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut, tindak lanjut terkait renovasi Jakarta International Stadium (JIS) akan diputuskan dalam waktu dekat ini. Menurut rencana, keputusan tersebut akan dilakukan pada Rabu, 9 Agustus mendatang.

Erick menyebut, sudah ada pembicaraan dari PT Jakarta Propertindo (Jakpro) soal renovasi JIS. Meski menyebut stadion tersebut milik Pemprov DKI, namun Erick tidak menampik adanya sumbangsih dana pemerintah pusat dalam pembangunan JIS sedari awal.

"Tadi Pak Bas (Menteri PUPR Basuki Hadimuljono) cerita ke saya, Jakpro DKI akan merenovasi di dalam JIS karena memang ini, kan, aset yang dimiliki DKI, walaupun pemerintah pusat membantu, loh, aset itu, karena pembangunan itu pakai dana PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional)," katanya ditemui usai peresmian Indonesia Arena di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Senin, 7 Agustus.

"Silakan cek, tetapi pemerintah pusat akan membantu yang di luar, begitu kira-kira, tetapi keputusannya nanti Rabu," tambahnya.