Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir membeberkan hasil rapat dengan FIFA terkait venue Piala Dunia U-17 2023. Dari delapan stadion yang diajukan, FIFA memutuskan empat stadion yang akan digunakan sebagai venue. 

Meski telah menyatakan bahwa hanya empat stadion yang digunakan untuk venue Piala Dunia U-17, tapi Erick Thohir mengatakan bahwa untuk lebih rincinya hal itu adalah kewenangan FIFA yang akan mengumumkan. 

"Sekarang tinggal 94 hari menuju Piala Dunia U-17 dan tentu dana yang harus digelontorkan harus seefisien mungkin. Karena itu dari delapan stadion, hasil rapat dengan FIFA, kita sepakat empat stadion (untuk venue)," kata Erick Thohir di Senayan pada Senin, 7 Agustus.

"Kenapa empat stadion? Karena kita memikirkan logistik juga, terbang kesana terbang kesini kan itu harus diperhitungkan juga. Karena itu ada kesepakatan dengan FIFA, tapi yang akan mengumumkan FIFA ya, bukan saya," ucapnya melanjutkan. 

Sebelumnya pada Juli lalu perwakilan FIFA telah menyambangi Indonesia untuk menginspeksi empat stadion. Keempat stadion tersebut adalah Jakarta International Stadium (JIS), Si Jalak Harupat (Bandung), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Manahan (Solo).

Dari hasil inspeksi tersebut disepakati bahwa Jakarta dan Bandung akan menggelar pertandingan dua grup, sedangkan Solo dan Surabaya masing-masing satu grup. Sementara pembukan akan berlangsung di Jakarta dan penutupan digelar di Solo.

Sebagai langkah lanjutan membahas empat venue iti, rencananya akan digelar pertemuan pada Rabu, 9 Agustus. Dalam agenda itu akan dihadirkan pula para gubernur yang stadion di wilayahnya akan digunakan untuk Piala Dunia U-17 2023.

"Dari kesepakatan itu, Pak Bas (Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR) akan mengundang rapat lagi hari Rabu, 9 Agustus) Insha Allah," beber Erick Thohir.