Erick Thohir Ungkap Dana PEN Pernah Dipakai untuk Bangun JIS
Ilustrasi Rupiah (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut, tindak lanjut terkait renovasi Jakarta International Stadium (JIS) akan diputuskan dalam waktu dekat ini. Menurut rencana, keputusan tersebut akan dilakukan pada Rabu, 9 Agustus mendatang.

Erick menyebut, sudah ada pembicaraan dari PT Jakarta Propertindo (Jakpro) soal renovasi JIS. Meski menyebut stadion tersebut milik Pemprov DKI, namun Erick tidak menampik adanya sumbangsih dana pemerintah pusat dalam pembangunan JIS sedari awal.

"Tadi Pak Bas (Menteri PUPR Basuki Hadimuljono) cerita ke saya, Jakpro DKI akan merenovasi di dalam JIS karena memang ini, kan, aset yang dimiliki DKI, walaupun pemerintah pusat membantu, loh, aset itu, karena pembangunan itu pakai dana PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional)," katanya ditemui usai peresmian Indonesia Arena di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Senin, 7 Agustus.

"Silakan cek, tetapi pemerintah pusat akan membantu yang di luar, begitu kira-kira, tetapi keputusannya nanti Rabu," tambahnya.

Dia menambahkan, FIFA akan kembali melakukan kunjungan ke Indonesia untuk melihat kesiapan sejumlah Stadion yang akan dipakai untuk gelaran Piala Dunia U-17 2023. Adapun, kata Erick, Indonesia menyiapkan empat stadion untuk menggelar ajang bergengsi tersebut.

"Oleh karena itu, dari hasil rapat dengan FIFA, kami sepakat empat stadion. Tetapi, yang akan mengumumkan FIFA, ya, bukan saya," ucap dia.

Selain itu, pembangunan akses menuju Jakarta International Stadium (JIS) juga akan dilakukan. Salah satunya jembatan penyeberangan orang yang akan menghubungkan JIS dengan kawasan Ancol.

Sekadar informasi, Indonesia telah ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Dengan status tersebut, segala persiapan mesti dimatangkan dengan maksimal sebelum agenda besar ini digelar pada 10 November-2 Desember mendatang.