Topan Lan Mengarah ke Jepang, Ratusan Penerbangan dan Perjalanan Shinkansen Dibatalkan hingga Rabu
Ilustrasi Shinkansen. (Wikimedia Commons/MaedaAkihiko)

Bagikan:

JAKARTA - Ratusan jadwal penerbangan dan perjalanan kereta peluru shinkansen dibatalkan pada Hari Senin dan Selasa, dengan beberapa di antaranya hingga Rabu, saat Topan Lan diperkirakan akan mengarah ke wilayah barat Jepang.

Topan kuat yang masih berada di jalurnya tersebut diperkirakan akan mendarat di pantai Pasifik Jepang bagian barat pada Hari Selasa, menurut badan prakiraan cuaca dan operator.

Central Japan Railway Co. mengatakan semua layanannya di Tokaido Shinkansen Line antara stasiun Nagoya dan Shin-Osaka akan dibatalkan pada Hari Selasa, sementara West Japan Railway Co. mengatakan akan membatalkan layanan antara stasiun Shin-Osaka dan Okayama, seperti melansir Kyodo News 14 Agustus.

Sementara, JR Central mengatakan layanan shinkansen antara stasiun Tokyo dan Nagoya akan sangat berkurang pada Hari Selasa, dengan kereta peluru sebagian besar akan beroperasi tanpa reservasi kursi. Meskipun penghentian layanan tidak direncanakan untuk Hari Senin dan Rabu, operator memperingatkan para penumpang akan kemungkinan adanya perubahan mendadak.

Dari moda penerbangan udara, Japan Airlines Co. mengatakan 19 penerbangan, termasuk dari dan ke bandara Itami di Jepang bagian barat, telah dibatalkan pada Hari Senin, serta 240 penerbangan pada Hari Selasa juga dibatalkan, yang berdampak pada sekitar 24.800 penumpang.

Adapun maskapai ANA telah membatalkan penerbangan domestik ke beberapa kota hingga Hari Rabu, termasuk penerbangan dari dan ke Hachijo-jima, Osaka, Kobe, Hiroshima dan Takamatsu, seperti dikutip dari The National News.

Maskapai Emirates juga membatalkan penerbangannya ke Jepang. Penerbangan EK316 dan EK317 dari dan ke Osaka dibatalkan pada Hari Senin dan Selasa "karena kondisi cuaca buruk yang disebabkan oleh Topan Lan," menurut pengumuman maskapai.

"Emirates menyesalkan ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Pelanggan yang terkena dampak yang telah memesan dengan agen perjalanan, harus menghubungi mereka untuk pengaturan perjalanan alternatif. Pelanggan yang telah memesan langsung dengan Emirates dapat menghubungi kantor setempat untuk opsi pemesanan ulang," jelas pihak maskapai.

Pada Senin pagi, Topan Lan berada sekitar 260 km sebelah barat daya pulau Hachijo-jima, Jepang, bergerak ke arah barat laut menurut Badan Meteorologi Jepang.

Dikatakan, topan ini memiliki tekanan atmosfer 965 hektopascal dengan kecepatan angin hingga 198 km per jam, menurut badan tersebut.