Bagikan:

JAKARTA - Tokyo dan wilayah timur Jepang lainnya bersiap-siap untuk menghadapi datangnya Topan Ampil, menyebabkan sejumlah layanan transportasi akan akan dihentikan sementara di tengah liburan musim panas.

Peringatan badan meteorologi mengenai angin kencang dan hujan lebat hingga Hari Sabtu, membuat penerbangan dan layanan kereta peluru shinkansen di beberapa daerah dibatalkan untuk Hari Jumat besok.

Maskapai Japan Airlines Co. dan All Nippon Airways Co. mengatakan, mereka telah membatalkan ratusan penerbangan dari dan ke Bandara Haneda Tokyo serta Bandara Narita yang dekat dengan ibukota untuk Hari Jumat.

Sementara, East Japan Railway Co. mengatakan sebagian layanan shinkansen Tohoku, Joetsu, Hokuriku dan Yamagata akan dihentikan pada Hari Jumat. Demikian halnya dengan layanan antara Stasiun Nagoya dan Tokyo di Jalur Shinkansen Tokaido, menurut Central Japan Railway Co.

"Kami ingin meningkatkan kewaspadaan" untuk mengantisipasi bencana alam, kata seorang pejabat Badan Meteorologi Jepang dalam sebuah konferensi pers di Tokyo, melansir Kyodo News 15 Agustus.

Di Jepang bagian timur dan timur laut, badai yang kuat dengan gelombang tinggi diproyeksikan akan melanda wilayah tersebut sampai Hari Sabtu, kata badan tersebut.

Dalam 24 jam dari pukul 6 pagi hari Kamis, topan ini diperkirakan akan membawa curah hujan hingga 150 milimeter ke wilayah Kanto-Koshin, yang meliputi Tokyo, 100 mm di wilayah Tokai dan 80 mm di wilayah Tohoku, yang terletak di Jepang tengah dan timur laut.

Mulai pukul 6 pagi Hari Jumat, curah hujan 300 mm diperkirakan akan turun di wilayah Kanto-Koshin dan 120 mm di wilayah Tohoku dan Tokai selama 24 jam berikutnya.