Buruh Demo Tolak UU Cipta Kerja Bawa Patung Tikus Berdasi, Blokade Jalan MH Thamrin
Patung tikus berdasi yang dibawa dalam aksi buruh (Foto: Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah kelompok buruh dari berbagai organisasi menggelar aksi unjuk rasa dengan tuntutan utama penolakan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja menjadi Undang-Undang.

Buruh yang tergabung dalam aliansi Gerakan Buruh Bersama Rakyat (GEBRAK) dan Aliansi Aksi Sejuta Buruh (AASB) memblokade Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat dengan titik kumpul di gedung ILO.

Saat ini, pimpinan kelompok buruh tengah menemui pihak Organisasi Ketenagakerjaan Internasional/International Labour Organization (ILO) untuk menyampaikan tuntutan mereka, sebelum menggelar orasi di kawasan Patung Kuda.

Demo buruh hari ini 

Di lokasi orasi massa buruh, Jalan Medan Merdeka Barat arah gedung Mahkamah Konstitusi dan Istana Negara ditutup oleh pembatas beton dan kawat berduri.

Imbas aksi demonstasi ini, lalu lintas di sekitar Jalan MH Thamrin tersendat. Sejumlah petugas dari kepolisian dan Dinas Perhubungan pun mengatur arus kendaraan di persimpangan.

Dalam aksi unjuk rasa hari ini, kelompok buruh membawa atribut bendera dan spanduk yang bertuliskan penolakan mereka atas UU Cipta Kerja.

Mereka juga membawa patung tikus berdasi dengan tinggi 2 meter. Patung yang melambangkan koruptor ini tampak membawa koper berisi uang dan dokumen UU Cipta Kerja.

Adapun skema rekayasa lalu lintas yang diterapkan, yakni:

1. Arus lalu lintas dari arah HI menuju Jalan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan atau Jl Merdeka Selatan

2. Arus lalu lintas dari arah Tugu Tani ke Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalam Perwira (situasional)

3. Arus lalu lintas dari arah Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit atau Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Juanda atau Jalan Suryopranoto

4. Arus lalu lintas menuju Jalan Veteran I, Veteran II, Veteran III dialihkan ke Jalan Suryopranoto atau Jalan Gajah Mada

5. Jalan Abdul Muis menuju Jalan Gajah Mada dialihkan ke Jalan Tanah Abang Satu

6. Arus lalu lintas yang akan menuju Jalan Merdeka Selatan dan Jalam Merdeka Barat dialihkan di Traffic Light Budi Kemuliaan