Terjunkan 121 Personel Kawal Demo di Patung Kuda, Satpol PP DKI Minta Buruh Tak Rusak Fasilitas Umum
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi DKI Jakarta menggeelar apel sebagai persiapan menjaga keamanan demo buruh di bundaran Patung Kuda Monas dan sekitarnya, Kamis (10/8/2023). ANTARA/Ho/Satpol PP DKI Jakarta

Bagikan:

JAKARTA - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)  DKI Jakarta menerjunkan 121 personel untuk mengamankan demo buruh di bundaran Patung Kuda Monas dan sekitarnya. Demo akan digelar pada Kamis, 10 Agustus. 

"Kami akan menempatkan personel untuk menjaga keamanan di 14 titik dalam mengantisipasi gangguan ketertiban umum pada aksi," kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis, 10 Agustus. 

Arifin juga telah memerintahkan jajarannya untuk mengedepankan sikap humanis dan tegas dalam menegakkan peraturan daerah (perda) atau peraturan kepala daerah (perkada).

"Satpol PP yang bertugas harus mengedepankan sikap humanis, tegas, dan berkoordinasi dengan aparat keamanan serta unsur terkait," ucap Arifin.

Kepada peserta unjuk rasa juga diminta tak berlaku anarkis merusak 

fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos dan fasum) saat menyampaikan aspirasi.

"Tentunya kami mengimbau, kepada masyarakat agar tertib dan tidak merusak fasos maupun fasum saat menyampaikan aspirasi," ucap Arifin.

Polda Metro Jaya mengerahkan sebanyak 6.612 personel gabungan untuk mengamankan demo buruh di bundaran Patung Kuda Monas, dan beberapa lokasi lain di Ibu Kota.

"Kami jajaran Polda Metro Jaya diperkuat Polres Metro Jakarta Pusat menyiapkan 6.612 personel gabungan untuk melayani dan mengawal saudara-saudara kita dari elemen buruh yang melakukan penyampaian pendapat hari ini," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko.