Kebakaran di Pasar Kambing Tanah Abang Disebabkan Korsleting Listrik
Sisa-sisa kebakaran di Pasar Kambing, Tanah Abang, Jakarta Pusat yang disebabkan korsleting listrik. (VOI/Rizky Sulistio)

Bagikan:

JAKARTA - Peristiwa kebakaran di Pasar Kambing, Jalan Sabeni, Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, berhasil dipadamkan oleh petugas pada Rabu, 9 Agustus, pagi. Api berhasil dipadamkan petugas sekitar pukul 08.00 WIB.

"Saat ini api sudah padam dan dalam proses pendinginan. Situasi sudah bisa dilokalisir, namun masih membutuhkan waktu," ujar Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Pusat, Asril Rizal saat dikonfirmasi VOI, Rabu, 9 Agustus.

Pada proses pemadaman api, petugas Gulkarmat mengerahkan mobil pemadam tambahan yang berjumlah 18 unit di lokasi kebakaran.

"Objek yang terbakar kios-kios di Pasar Kambing. Penyebab kebakaran diduga akibat korsleting listrik," jelasnya.

Sementara menurut keterangan Agus, petugas keamanan Pasar Kambing, kebakaran disebabkan dari adanya kemunculan api di salah satu kios Pasar Kambing. Dia melihat kepulan asap di atas salah satu kios. Agus pun bersama rekannya berupaya memadamkan api dengan APAR namun gagal karena api sudah membesar dan menyambar ke kios di sebelahnya.

"Sempat dipadamkan dengan APAR namun tidak bisa karena api sudah besar," ucapnya.

Kemudian keamanan Pasar Kambing tersebut langsung menghubungi Damkar. Sementara warga lainnya langsung melaporkan kejadian tersebut ke pos damkar terdekat.

"Setelah mendapat laporan tersebut Damkar dari pos Tanah Abang langsung meluncur ke TKP berikut unit lain nya dan dengan cepat api bisa dikuasai dan dilokalisir," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, kawasan permukiman padat penduduk di Jalan Sabeni Raya, tepatnya di sekitar Pasar Kambing, Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, hangus terbakar pada Rabu, 9 Agustus, pagi. Kobaran api dilaporkan terjadi sejak pukul 07.05 WIB.