Pasar Jaya Sebut Ada 146 Kios Pedagang di Pasar Kambing yang Hangus Terbakar
Petugas memadamkan api di titik kebakaran Pasar Kambing Tanah Abang (DOK ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Ratusan kios pedagang di Pasar Kambing, Jalan Sabeni Raya, Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, hangus terbakar pada Rabu, 9 Agustus, pagi.

"Ada 146 kios yang terbakar di Pasar Kambing ini. Total kios yang ada di pasar ini kurang lebih ada 500 unit," kata Dirut Perumda Pasar Jaya, Agus Himawan kepada wartawan di lokasi kebakaran, Rabu, 9 Agustus.

Kebakaran disebabkan korsleting listrik dari salah satu kios penjual ikan. Selain itu, kata Agus, Pasar Kambing ini direncanakan akan dilakukan revitalisasi dan akan menjadi program prioritas.

Nantinya pedagang akan ditempatkan di lokasi penampungan sementara yang akan dibangun di dekat Pasar Kambing.

"Kita akan bangun pasar ini dan memang pasar ini kondisinya sudah sangat memprihatikan," katanya.

Sementara dari keterangan Nova, warga RT 07/12, kejadian kebakaran diketahui dirinya saat tengah berbelanja di pasar tersebut. Di kawasan ini, kerap terjadi peristiwa kebakaran.

"Ada yang teriak ada asap-asap, terus pas saya liat ada kebakaran. Sudah tiga kali kebakaran disini, yang lebih sering di atas yang jual kambing itu," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, kawasan permukiman padat penduduk di Jalan Sabeni Raya, tepatnya di sekitar Pasar Kambing, Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, hangus terbakar pada Rabu, 9 Agustus, pagi. Kobaran api dilaporkan terjadi sejak pukul 07.05 WIB.

"Objek yang terbakar bangunan pasar. Kita kerahkan awal ada 17 unit mobil pemadam. Waktu operasi pemadaman mulai pukul 07.15 WIB," kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Pusat, Asril Rizal saat dikonfirmasi VOI, Rabu, 9 Agustus.

Kobaran api terus membesar dan merambat ke bangunan lainnya karena bangunan di kawasan padat penduduk tersebut didominasi oleh bangunan semi permanen. Sehingga api cepat merambat dan terus membesar.