Kenang 11 Jam Berkendara ke Ukraina dan Diberi Daftar Senjata, Menhan Inggris: Kami Bukan Amazon
Menhan Inggris Ben Wallace. (Wikimedia Commons/Sgt Donald C Todd RLC)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengatakan pada Hari Rabu, ia telah memperingatkan Ukraina bahwa sekutu internasionalnya bukan Amazon, dengan Kyiv perlu menunjukkan rasa terima kasih atas sumbangan senjata untuk membujuk para politisi Barat agar memberikan lebih banyak lagi.

Inggris diketahui menjadi salah satu pendukung setia Ukraina sejak invasi Rusia tahun lalu. Perdana Menteri Rishi Sunak mengatakan, Inggris dan sekutunya akan melipatgandakan dukungannya untuk Ukraina.

Menhan Wallace memperingatkan, Ukraina harus membujuk para anggota Parlemen AS dan "para politisi yang meragukan di negara-negara lain, bahwa hal ini layak dilakukan", dan bahwa "suka atau tidak suka, orang-orang ingin melihat rasa terima kasih".

Itu disampaikannya di sela-sela KTT NATO di Vilnius, Lithuania, menanggapi pertanyaan wartawan terkait keluhan Presiden Volodymyr Zelensky, terkait belum adanya kejelasan waktu aksesi Ukraina ke aliansi militer itu.

Wallace mengenang, dia telah melakukan perjalanan tahun lalu ke Ukraina, di mana dia diberikan daftar belanja senjata.

"Anda tahu, kami bukan Amazon," katanya, mengacu pada perusahaan teknologi dan ritel raksasa Amerika, melansir Reuters 13 Juli.

"Saya mengatakan kepada mereka tahun lalu, ketika saya berkendara selama 11 jam untuk diberi daftar," sambungnya.

Terpisah, ditanya tentang komentar Menhan Wallace, Perdana Menteri Rishi Sunak mengatakan, Presiden Zelensky berterima kasih atas dukungan yang diberikan sejauh ini, mengatakan bantuan lebih banyak akan diberikan sesuai kebutuhan.

"Presiden Zelensky telah menyampaikan rasa terima kasihnya atas apa yang telah kami lakukan dalam beberapa kesempatan," ujar PM Sunak dalam sebuah konferensi pers di Vilnius.

"Saya sangat memahami keinginan Volodymyr untuk melakukan segala yang dia bisa untuk melindungi rakyatnya dan menghentikan perang ini, dan kami akan terus memberikan dukungan yang dia butuhkan," tandasnya.